Kutu Tubuh

DEFINISI
Kutu tubuh adalah serangga kecil, seukuran biji wijen. Kutu tubuh hidup di pakaian dan tempat tidur dan beberapa kali dalam sehari ia akan berjalan ke tubuh untuk makan darah. Tempat yang paling umum yang digigit kutu yaitu sekitar pinggang, pangkal paha dan ketiak – tempat dimana lapisan pakaian yang paling mungkin untuk menyentuh kulit.

Kutu tubuh biasanya banyak di daerah yang penuh sesak dan tidak higienis, seperti tempat pengungsian dan tempat penampungan untuk tunawisma. Gigitan kutu tubuh dapat menyebarkan beberapa jenis penyakit dan bahkan dapat menyebabkan epidemi.

Pakaian dan selimut yang telah penuh dengan kutu tubuh harus dicuci dalam air panas, sabun dan mesin pengering dengan menggunakan siklus panas.

GEJALA

Gigitan kutu tubuh bisa menyebabkan rasa gatal.
Temui dokter Anda jika peningkatan kebersihan tidak menghilangkan kutu, atau jika Anda mengembangkan infeksi kulit akibat menggaruk kulit yang digigit kutu.

PENYEBAB
Kutu tubuh mirip dengan kutu kepala, tetapi memiliki tempat hidup yang berbeda. Kutu kepala hidup di rambut dan makan dari kulit kepala, sedangkan kutu tubuh biasanya hidup di pakaian dan selimut. Kedua jenis kutu ini melakukan perjalanan ke kulit Anda beberapa kali sehari untuk memakan darah Anda.

Jahitan pakaian adalah tempat yang paling umum untuk kutu tubuh untuk bertelur (nits). Anda dapat terkena kutu tubuh jika Anda melakukan kontak dekat dengan orang yang memiliki kutu tubuh, atau dengan pakaian atau tempat tidur yang penuh dengan kutu tubuh.

Faktor Risiko
Orang-orang yang beresiko tinggi terhadap kutu tubuh cenderung tinggal di daerah yang padat dan kumuh. Mereka termasuk :

  • Pengungsi perang
  • Tunawisma
  • Korban bencana alam

Komplikasi
Kutu tubuh biasanya menyebabkan sedikit masalah. Namun, kutu tubuh kadang-kadang menyebabkan komplikasi seperti :

  • Infeksi sekunder. Ketika kutu tubuh menggaruk dan menggali untuk memakan darah Anda, mereka dapat mengiritasi kulit Anda. Jika Anda menggaruk untuk meringankan gatal-gatal, ini juga dapat mengiritasi kulit. Jika kulit Anda sudah mengalami iritasi tersebut, infeksi lain dapat berkembang.
  • Perubahan kulit. Jika tubuh Anda penuh dengan kutu untuk waktu yang lama, Anda mungkin dapat mengalami perubahan kulit seperti penebalan dan perubahan warna – terutama di sekitar pinggang, pangkal paha atau paha atas.
  • Penyebaran penyakit. Meskipun hal ini jarang terjadi, kutu tubuh dapat membawa dan menyebarkan beberapa penyakit bakteri, seperti tifus, demam kambuh atau demam parit.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Jika Anda tidak dapat menyingkirkan kutu tubuh Anda sendiri, Anda mungkin perlu berbicara dengan dokter keluarga Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?
Sebelum konsultasi, Anda dapat menulis jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Sudah berapa lama Anda memiliki kutu tubuh?
  • Apa gejala yang pernah Anda alami?
  • Bagaimana tubuh Anda bisa dipenuhi kutu?
  • Apakah Anda menyebarkan kutu ke orang lain?
  • Perawatan Apa yang telah Anda coba?
  • Apakah Anda memiliki masalah kesehatan kronis?
  • Apa obat-obatan dan suplemen yang Anda konsumsi?

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?
Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa kulit Anda dan jahitan pakaian Anda.

Tes dan Diagnosis
Anda atau dokter Anda biasanya dapat mengkonfirmasi kutu tubuh melalui pemeriksaan visual anggota tubuh dan pakaian. Adanya telur dan pergerakan kutu merupakan indikasi adanya kutu.

Perawatan dan Obat-obatan
Kutu tubuh dapat diobati dengan membersihkan tubuh secara teliti dan setiap benda yang terkontaminasi dengan sabun dan air panas.
Jika langkah-langkah ini tidak bekerja, Anda dapat mencoba menggunakan lotion over-the-counter atau sampo – seperti Nix atau Rid. Jika itu masih tidak berhasil, dokter dapat memberikan resep lotion. Produk pembunuh kutu dapat menjadi racun bagi manusia, sehingga Anda harus mengikuti petunjuk dengan hati-hati.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Anda biasanya dapat menyingkirkan kutu tubuh dengan membersihkan tubuh dan setiap barang-barang pribadi yang mungkin terkontaminasi. Cuci dengan teliti selimut, pakaian dan handuk Anda dengan air panas, air sabun – setidaknya 130 F (54 C) – dan mesin keringkan pada panas tinggi selama setidaknya 20 menit.

Barang yang tidak dapat dicuci dapat disegel dalam kantong plastik selama dua minggu.

Pencegahan
Untuk mencegah infestasi kutu tubuh, hindarilah kontak fisik dekat atau berbagi tempat tidur atau pakaian dengan orang yang memiliki kutu.