Kutu

DEFINISI
Kutu adalah serangga parasit kecil tanpa sayap yang memakan darah. Kutu mudah menyebar – terutama pada anak-anak sekolah – melalui kontak pribadi yang dekat dan dengan berbagi barang-barang.
Ada beberapa jenis kutu :

  • Kutu. Kutu ini berkembang pada kulit kepala. Kutu mudah terlihat pada tengkuk dan atas telinga.
  • Kutu tubuh. Kutu ini hidup pada pakaian dan tempat tidur dan bergerak ke kulit manusia untuk mencari makan. Kutu tubuh paling sering hidup pada orang-orang yang tidak mandi atau mencuci pakaian secara teratur, seperti tunawisma atau transien.
  • Kutu kemaluan. Biasa disebut kepiting, kutu ini hidup pada kulit dan rambut di daerah kemaluan dan terkadang, pada rambut tubuh yang kasar, seperti dada rambut, alis atau bulu mata.

Anda atau anak Anda terkadang masih memiliki kutu, walaupun Anda sudah menjaga kebersihan dengan baik. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa menjadi masalah yang berulang.

GEJALA
Tanda dan gejala kutu meliputi :

  • Gatal intens
  • Perasaan menggelitik dari gerakan rambut
  • Kutu pada kulit kepala, tubuh, pakaian, atau kemaluan atau rambut tubuh lainnya. Kutu dewasa mungkin seukuran biji wijen atau sedikit lebih besar
  • Telur kutu (nits) pada poros rambut. Nits menyerupai tunas willow vagina. Nits bisa salah ditafsirkan sebagai ketombe, tetapi tidak seperti ketombe, nits tidak dapat dengan mudah disikat dari rambut
  • Benjolan merah kecil pada kulit kepala, leher dan bahu

Kapan Anda harus ke dokter?
Biasanya Anda dapat menghilangkan kutu dengan melakukan langkah-langkah perawatan diri yang meliputi penggunaan shampoo nonpreskripsi yang diformulasikan khusus untuk membunuh kutu.
Namun, pergilah ke dokter jika :

  • Shampoo nonpreskripsi tidak dapat membunuh kutu – dokter dapat meresepkan shampoo resep yang lebih kuat
  • Anda sedang hamil – jangan gunakan shampoo anti-kutu sebelum Anda berbicara dengan dokter Anda
  • Anda memiliki gatal-gatal yang terinfeksi atau kulit lecet akibat goresan

PENYEBAB
Anda bisa terkena kutu melalui kontak dengan kutu atau telurnya. Telur menetas dalam waktu sekitar satu minggu. Kutu tidak bisa terbang atau berjalan di tanah. Mereka menyebar melalui :

  • Kontak kepala-ke-kepala atau tubuh-ke-tubuh. Hal ini dapat terjadi saat anak-anak atau anggota keluarga bermain atau berinteraksi akrab.
  • Barang-barang yang disimpan. Menyimpan pakaian yang sudah terinfestasi kutu di dalam lemari, di loker atau kait (gantungan baju) di sekolah, atau menyimpan barang-barang pribadi seperti bantal, selimut, sisir dan boneka mainan di dekat di rumah dapat menyebabkan terjadinya penyebaran kutu.
  • Berbagi pakai barang-barang dengan teman-teman atau anggota keluarga. Ini mungkin termasuk pakaian, headphone, sikat, sisir, dekorasi rambut, handuk, selimut, bantal dan boneka mainan.
  • Kontak dengan furnitur yang terkontaminasi. Berbaring di tempat tidur atau furnitur tertutup kain yang baru digunakan oleh seseorang yang memiliki kutu dapat membuatnya menyebar. Kutu dapat hidup selama satu sampai dua hari pada tubuh.
  • Kontak seksual. Kutu kemaluan biasanya menyebar melalui kontak seksual dan paling sering terjadi pada orang dewasa. Kutu kemaluan yang ditemukan pada anak-anak mungkin merupakan tanda dari paparan seksual atau pelecehan.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Seringkali, Anda dapat membunuh kutu dengan obat over-the-counter dan mencuci barang-barang rumah tangga yang terkontaminasi dengan benar, seperti seprai, handuk dan pakaian. Jika langkah-langkah ini tidak bekerja, temuilah penyedia perawatan medis primer Anda.

Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk janji pertemuan Anda, dan yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan janji yang Anda jadwalkan.
  • Tuliskan informasi pribadi, termasuk kapan Anda mungkin terkena kutu, dari siapa Anda terinfeksi dan apa barang rumah tangga yang mungkin telah terkontaminasi.
  • Membuat daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Mintalah seorang anggota keluarga atau teman untuk menemani, jika memungkinkan. Kadang-kadang bisa sulit untuk menyerap semua informasi yang diberikan selama konsultasi. Seseorang yang menemani Anda mungkin ingat sesuatu yang Anda keliru atau lupa.
  • Tuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda. Waktu Anda dengan dokter terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan jauh-jauh hari akan membuat konsultasi Anda berlangsung efektif. Buatlah daftar pertanyaan Anda dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting untuk mengantisipasi habisnya waktu.

Beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan kepada dokter meliputi :

  • Bagaimana cara saya mengobati kutu?
  • Apakah ada alternatif generik untuk obat resep Anda?
  • Bagaimana cara menyingkirkan barang-barang rumah tangga saya dari kutu?
  • Siapa yang harus saya informasikan tentang kondisi saya?
  • Apa langkah-langkah lain yang harus saya ambil untuk mencegah perkembangannya pada kepala saya atau menyebarkannya ke orang lain?
  • Apakah kondisi saya kemungkinan sementara atau kronis?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Situs apa yang Anda rekomendasikan untuk saya kunjungi?
  • Apakah saya harus merencanakan untuk kunjungan lanjutan?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda siapkan, jangan ragu untuk bertanya selama waktu konsultasi Anda ketika Anda tidak memahami sesuatu.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?
Dokter Anda mungkin akan menanyakan sejumlah pertanyaan, seperti :

  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
  • Bagaimana Anda bisa terkena kutu?
  • Apakah ada orang yang mungkin telah terkena kutu Anda?
  • Seberapa parah gejala Anda?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk sementara?
Jika Anda merasa atau tahu Anda memiliki kutu, hindari berbagi barang pribadi, selimut, handuk atau pakaian. Mandi dan ikuti langkah-langkah perawatan diri, termasuk mencuci barang-barang yang terkontaminasi dengan air panas.

Jika Anda berpikir atau tahu Anda memiliki kutu kemaluan, hindari juga aktivitas seksual hingga Anda telah mendapat perawatan.

Tes dan Diagnosis
Selama pemeriksaan, dokter Anda dapat memeriksa kutu menggunakan lensa pembesar dan memeriksa nits menggunakan cahaya khusus, yang disebut cahaya Wood, yang membuat nits terlihat biru pucat.

Kutu
Diagnosis kutu kepala dapat dibuat setelah kutu muda atau dewasa hidup di rambut atau kulit kepala ditemukan, atau setelah satu atau lebih nits terlihat di poros rambut yang terletak pada 1/4 inci (6,4 milimeter) dari kulit kepala.

Jika Anda tidak melihat kutu hidup atau Anda melihat nits yang lebih dari 1/4 inci dari kulit kepala, kutu ini mungkin tidak lagi aktif. Nits harus dibasmi untuk mencegah kutu datang kembali.

Kutu tubuh
Diagnosis kutu tubuh dapat dilakukan jika telur atau kutu yang merangkak ditemukan di lapisan pakaian atau di tempat tidur. Kutu tubuh juga mungkin terlihat pada kulit jika menjelajah kesana untuk mencari makan.

Kutu kemaluan
Kutu kemaluan didiagnosis ketika kutu bergerak atau telur kutu terlihat pada rambut di daerah kemaluan atau daerah lain tempat tumbuhnya rambut kasar, seperti bulu dada, alis atau bulu mata.

Perawatan dan Obat-obatan
Gunakan obat yang mengobati kutu seperti yang telah disarankan. Menggunakan terlalu banyak obat dapat menyebabkan kulit merah dan teriritasi.

Kutu
Pengobatan untuk kutu kepala mungkin melibatkan :

  • Produk over-the-counter. Shampo yang mengandung piretrin (Rid, dan lain-lain) atau permetrin (Nix) biasanya menjadi pilihan pertama yang digunakan untuk memerangi infestasi kutu. Ini bekerja baik jika Anda mengikuti petunjuk sangat ketat. Di beberapa lokasi geografis, kutu telah kebal terhadap bahan-bahan perawatan kutu over-the-counter. Jika over-the-counter tidak bekerja, dokter dapat meresepkan shampo atau lotion yang mengandung bahan-bahan yang berbeda.
  • Obat resep. Malathion (Ovide) adalah obat resep yang dapat Anda gunakan untuk rambut Anda dan kemudian gosokkan ke rambut dan kulit kepala. Malathion mudah terbakar, jadi jauhkan dari sumber panas seperti pengering rambut, pengeriting listrik dan rokok. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan produk ini.

Lotion alkohol benzil (Ulesfia) adalah pengobatan resep yang dapat digunakan untuk kulit kepala dan rambut selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air. Tujuh hari kemudian ulangi kembali pengobatan. Kemungkinan efek samping termasuk iritasi kulit, kulit kepala dan mata serta mati rasa di lokasi aplikasi. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak dibawah 6 bulan.

Lotion ivermectin (Sklice) adalah pengobatan dosis tunggal topikal untuk kutu. Anda mengoleskan lotion secara langsung pada rambut kering dan kulit kepala selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air. Jangan ulangi perawatan ini tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu. Kemungkinan efek samping termasuk iritasi mata atau kemerahan, ketombe, kulit kering, dan sensasi terbakar di lokasi aplikasi. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak kecil dibawah 6 bulan.

Suspensi topikal spinosad (Natroba) adalah resep pengobatan baru untuk kutu. Anda mengoleskan obat pada rambut yang kering dan kulit kepala selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air. Ulangi perawatan setelah tujuh hari hanya jika kutu hidup masih ada. Kemungkinan efek samping termasuk kemerahan atau iritasi mata dan kulit. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak kecil dibawah 4 tahun.

Akhirnya, lindane adalah shampo resep yang kadang-kadang diresepkan ketika langkah-langkah lain gagal. Namun, karena meningkatnya resistensi dari kutu untuk obat ini dan efek samping neurologis yang serius, lindane tidak lagi direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk kutu.

Kutu tubuh
Jika Anda memiliki kutu tubuh, Anda tidak perlu pengobatan. Namun, Anda harus mengambil langkah-langkah perawatan diri yang sama, seperti mengobati pakaian dan barang-barang lainnya, seperti yang Anda lakukan pada kutu. Jika langkah-langkah perawatan diri gagal untuk membasmi kutu, dokter mungkin merekomendasikan mencoba salah satu obat kutu nonpreskripsi atau resep.

Kutu kemaluan
Kutu kemaluan dapat diobati dengan banyak obat nonpreskripsi dan resep yang sama digunakan untuk kutu. Ikuti petunjuk kemasan dengan hati-hati. Bicaralah dengan dokter Anda tentang pengobatan kutu dan nits pada alis atau bulu mata.

Perawatan diri sangat penting
Apakah Anda menggunakan over-the-counter atau shampo resep untuk membunuh kutu, banyak pengobatan melibatkan langkah-langkah perawatan diri yang dapat Anda lakukan di rumah. Ini termasuk memastikan semua nits telah dibuang dan semua pakaian, selimut, barang-barang pribadi dan furnitur didekontaminasi. Pada kebanyakan kasus, membunuh kutu pada tubuh Anda tidak sulit. Tantangannya adalah menyingkirkan semua nits dan mencegah kontak dengan orang yang terinfeksi kutu saat di rumah dan di sekolah.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Anda dapat membunuh kutu dengan sabar, pendekatan menyeluruh yang melibatkan menjaga kebersihan diri sendiri atau anak Anda dan barang-barang pribadi yang mungkin terkontaminasi.

Langkah-langkah ini dapat membantu Anda menghilangkan infestasi kutu :

  • Gunakan lotion dan shampo. Pilih dari antara beberapa lotion dan sampo over-the-counter (Nix, Rid, dan lain-lain) yang dirancang untuk membunuh kutu. Gunakan produk sesuai dengan instruksi pada kemasan. Anda mungkin perlu untuk mengulang pengobatan dengan lotion atau sampo dalam 7 – 10 hari. Lotion dan shampoo ini biasanya tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun.
  • Sisir rambut saat basah. Gunakan sisir bergigi halus atau sisir nit untuk menghilangkan kutu secara fisik dari rambut basah. Ulangi setiap tiga sampai empat hari untuk setidaknya dua minggu. Metode ini dapat digunakan dalam kombinasi dengan perawatan lain dan biasanya dianjurkan sebagai pengobatan lini pertama untuk anak yang berusia di bawah 2 tahun.
  • Setelah memakai shampoo, bilas rambut dengan cuka. Genggam seikat rambut dengan kain jenuh dengan cuka dan lajurkan ke bawah untuk menghilangkan nits. Lakukan hal yang sama pada semua rambut Anda. Atau rendam rambut dengan cuka dan biarkan selama beberapa menit sebelum menyisir. Kemudian keringkan rambut dengan handuk. Metode ini dapat membantu menghilangkan nits dari batang rambut.
  • Cuci barang-barang yang terkontaminasi. Cuci selimut, boneka binatang, pakaian dan topi dengan air panas bersabun – setidaknya 130 F (54 C) – dan keringkan pada panas tinggi selama setidaknya 20 menit.
  • Segel barang-barang yang tidak dapat dicuci. Tempatkan barang-barang tersebut dalam kantong kedap udara selama dua minggu.
  • Vacuum. Berikan lantai dan furnitur vacuum yang bagus.
  • Tutup furnitur. Gunakan dropcloth pelukis plastik untuk menutupi furnitur selama dua minggu untuk mencegah kasus lain dari kutu. Jangan lakukan ini jika Anda memiliki anak yang mungkin dapat terjerat dalam lembaran plastik dan tercekik.
  • Cuci sisir dan sikat. Gunakan air sabun yang sangat panas – setidaknya 130 F (54 C) – atau rendam sisir dan sikat dalam alkohol selama satu jam.

Pencegahan
Sulit untuk mencegah penyebaran kutu pada anak-anak yang dirawat di tempat perawatan anak dan dalam usia sekolah. Ada begitu banyak kontak dekat antara anak-anak dan barang-barang mereka yang dapat terkena penyebaran dengan mudah. Ini bukanlah refleksi kebiasaan kebersihan Anda atu dari anak-anak Anda, dan itu bukan kegagalan Anda sebagai orang tua jika anak Anda memiliki kutu.

Beberapa produk over-the-counter mengklaim dapat mengusir kutu, tetapi penelitian yang lebih ilmiah diperlukan untuk membuktikan keamanan dan efektivitasnya.

Sejumlah penelitian kecil telah menunjukkan bahwa bahan-bahan pada beberapa produk ini – sebagian besar tanaman minyak seperti kelapa, zaitun, rosemary dan pohon teh – dapat bekerja untuk mengusir kutu. Namun, produk ini diklasifikasikan sebagai “alami” sehingga tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA), dan keamanan dan efektivitasnya belum diuji dengan standar FDA.

Sampai penelitian lebih lanjut membuktikan efektivitas produk pencegahan kutu kepala, pendekatan terbaik adalah hanya dengan mengambil langkah-langkah menyeluruh untuk menyingkirkan kutu – dan telurnya – sehingga kutu yang harus Anda tangani tidak bertambah banyak.

  • Minta anak Anda untuk menghindari kontak kepala-ke-kepala dengan teman sekelasnya selama bermain dan kegiatan lainnya.
  • Instruksikan anak Anda untuk tidak berbagi barang-barang pribadi seperti topi, syal, mantel, sisir, sikat, aksesoris rambut dan headphone.
  • Instruksikan anak Anda untuk menghindari ruang-ruang bersama di mana topi dan pakaian dari siswa-siswa tergantung di hook umum atau disimpan dalam loker.

Namun, itu tidak realistis untuk berharap bahwa Anda dan anak Anda dapat menghilangkan semua jenis kontak yang dapat mengakibatkan penyebaran kutu.

Anak Anda mungkin memiliki nits pada rambutnya tetapi tidak selalu mengembangkan kasus kutu kepala. Beberapa nits adalah telur kosong. Namun, nits yng ditemukan pada 1/4 inci (6,4 milimeter) dari kulit kepala harus diobati – bahkan jika Anda menemukan hanya satu – untuk mencegah kemungkinan menetas. Nits yang jauh dari kulit kepala mungkin dari kutu lama, tapi harus dihapus untuk mencegah perkembangan kutu baru.