Lakukan Pertolongan Pertama saat Terjadi Serangan Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Disebutkan sekitar 17,3 juta kematian setiap tahunnya yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Penderita mengalami kematian secara tiba- tiba setelah terjadi serangan jantung.

Saat mengalami serangan jantung, seseorang kehilangan fungsi jantungnya secara mendadak. Hal itu disebabkan oleh jantung yang berdetak 400 hingga 500 kali per menit yang menyebabkan kontraksi ruang bawah jantung yang normal terhenti. Dengan berhentinya kontraksi jantung tersebut akibatnya oksigen dan darah juga terhenti untuk dipompa ke seluruh tubuh. Kondisi tersebut terjadi dalam hitungan detik dan menyebabkan jantung dan otak kekurangan oksigen. Jika tidak ada penanganan segera, seseorang akan meninggal dalam hitungan menit setelah serangan jantung tersebut.

Seseorang perlu waspada saat mengalami gejala- gejala seperti merasakan tekanan yang sangat besar pada bagian dada, dada terasa seperti diremas, sulit bernafas, rasa sakit yang menjalar dari dada dan bagian tubuh lain seperti lengan, perut, rahang, bahu dan lain sebagainya, selain itu mengeluarkan keringat dingin, mual dan muntah serta tubuh yang tiba- tiba terasa lemah. Beberapa gejala tersebut di atas bisa jadi menunjukkan seseorang tersebut mengalami serangan jantung.

Saat kerabat atau orang di sekitar Anda mengalami hal tersebut, segera lakukan pertolongan pertama. Pertolongan tersebut bersifat darurat, namun setelah itu penderita tetap harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Berikut di bawah ini adalah langkah pertolongan pertama yang harus Anda lakukan:

  1. Menenangkan penderita

Hal yang harus pertama kali Anda lakukan adalah mencoba menenangkan penderita. Tentu saja dalam hal ini Anda sendiri tidak boleh panik. Segera bimbing penderita untuk duduk dengan posisi nyaman.

  1. Melonggarkan pakaian penderita

Saat seorang penderita mengalami serangan jantung, salah satu gejala yang ditunjukkan adalah mengalami kesulitan bernafas. Untuk membantu penderita agar dapat bernafas dengan baik, segera longgarkan pakaiannya atau segala sesuatu yang mengikat tubuh penderita semisal ikat pinggang.

  1. Menanyakan obat

Jika orang tersebut memang sudah memiliki riwayat penyakit jantung biasanya mereka selalu mempersiapkan obat saat terjadi serangan. Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada penderita. Apabila memang orang tersebut memiliki obat maka bantulah dia untuk dapat minum obat tersebut.

  1. Memberi nafas bantuan apabila penderita pingsan

Serangan jantung tersebut dapat menyebabkan penderitanya hilang kesadaran. Jika terjadi demikian, maka berikan orang tersebut nafas buatan dan diselingi dengan memberikan tekanan di bagian dada. Namun sebelum melakukan hal tersebut harus meminta bantuan medis terlebih dahulu.

Lalu bagaimana bila Anda sendiri yang mengalami gejala serangan jantung? Jika tak ada orang di sekitar Anda, maka Anda harus berusaha untuk menolong diri sendiri. Saat gejala tersebut Anda alami, jangan panik namun usahakan untuk berbatuk dengan sekuat tenanga. Sebelum berbatuk tersebut, tarik nafas yang dalam lalu batuklah dengan sekuat tenaga. Saat menarik nafas, tujuannya adalah agar oksigen dapat masuk ke paru- paru. Sedangkan berbatuk memiliki tujuan yaitu supaya aliran darah dapat bersirkulasi. Namun, setelah itu segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lanjut. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here