Langkah Awal Jika Maag Menyerang

SehatFresh.com – Maag merupakan penyakit yang dapat menyerang secara tiba-tiba, biasanya maag dapat muncul akibat asam lambung naik dan pola makan yang salah. Bagi Anda penderita maag, terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai penanganan pertama yang harus dilakukan ketika terserang maag.

  1. Minumlah air hangat untuk menetralisir sakit yang ditimbulkan. Air hangat juga dapat digunakan untuk mengompres perut ketika maag kambuh. Caranya ialah tuangkan air hangat ke dalam botol lalu kompreslah perut Anda secara perlahan.
  2. Menghindari makanan asam, pedas, dan berminyak. Saat maag menyerang jangan mengonsumsi makanan asam, pedas baik sambel atau masakan yang banyak mengandung merica atau lombok, dan makanan yang berminyak, karena ketiga hal tersebut akan semakin mempercepat asam lambung meningkat.
  3. Hindari minuman bersoda. Minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi adalah salah satu penyebab utama gangguan pada lambung. Pasalnya, minuman jenis ini sifatnya sangat asam, ditambah lagi dengan efek karbonasi yang bisa membuat perut jadi kembung sehingga dapat membuat kondisi jadi makin tidak nyaman.
  4. Hindari kafein. Kebiasaan minum kopi yang berlebihan setiap harinya dapat berkontribusi terhadap gangguan lambung. Ada baiknya Anda mengurangi konsumsi kopi, atau beralih ke teh.
  5. Ganjal perut dengan makan sedikit. Makanlah roti atau snack maupun makan nasi dengan segera dengan porsi yang kecil namun sering. Makan dalam porsi besar justru akan memperberat kerja lambung dan asam lambung akan semakin meningkat karena pasokan makanan yang besar, akibatnya maag akan terasa melilit.
  6. Hindari makanan yang digoreng. Sebaiknya Anda tahu bahwa makanan yang digporeng juga bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Hobi makan gorengan juga kerap menimbulkan gangguan heartburn, yaitu rasa nyeri yang terdapat di ulu hati.

Meski maag tidak dapat sembuh total dan sewaktu-waktu bisa kambuh kembali, namun maag dapat diatasi. Selain dengan pengobatan menggunakan obat farmasi, penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Berikut ini ramuan tradisional untuk mengobati sakit maag:

Kunyit

Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit, memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan. Cara pembuatan ramuan dari kunyit yaitru sebagai berikut, diperlukan dua jari tangan kunyit. Kupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang. Setelah itu, peras dengan menggunakan kain bersih. Kemudian diamkan dan ambil airnya. Dalam sehari minum dua kali, masing-masing satu ramuan. Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Lidah buaya

  • Aloenin dan Magnesiun laktat dalam daun lidah buaya yang diidentifikasikan dapat menghambat sekresi asam lambung. Cara pembuatannya yaitu gel segar dari sekitar satu lembar daun lidah buaya, diminum untuk sekali minum. Dalam sehari perlu meminumnya sebanyak dua kali. Bisa ditambahkan madu secukupnya untuk memperbaiki rasa gel tersebut. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini.
  • Cara membuatnya yaitu siapkan jari jari rimpang. Rimpang dicuci bersih, dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Setelah halus dikunyah, kencur ditelan, disusul dengan minum air hangat. Ini dilakukan tiga kali dalam sehari.

Jika penyakit maag menyerang Anda secara tiba- tiba usahakan melakukan cara-cara di atas. Jika penderita maag sudah mulai merasakan perih di lambung, segerakanlah diri Anda untuk memakan makana ringan untuk meredakan asam lambung.

Sumber gambar :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY