Langkah-langkah Cara Mengobati Penyakit Gondok

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit gondok merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak menular, namun cukup membahayakan bagi penderitanya. Seseorang yang menderita penyakit gondok dapat menunjukkan tanda-tanda dan gejala yang berbeda-beda, tergantung bagaimana sistem pertahanan tubuh dan penyebabnya. Komplikasi yang dapat diakibatkan karena penyakit gondok juga bukanlah hal yang dapat dianggap remeh.

Oleh karena itu penderita penyakit gondok perlu untuk melakukan pengobatan dengan segera. Penyakit gondok dapat diobati dengan beberapa cara, dokter akan membuat keputusan tentang bagaimana langkah untuk mengobati penyakit gondok sesuai dengan penyebabnya, ukuran benjolan dan gejala-gejala yang dirasakan.

Penyebab utama dari penyakit gondok yakni dikarenakan kekurangan yodium yang seharusnya digunakan untuk menyintesis hormon tiroid, kondisi tiroiditis autoimun dan gondok bawaan. Ukuran benjolan juga menjadi pertimbangan dokter untuk menentukan tindakan pembedahan dan pengangkatan jaringan. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pengobatan penyakit gondok:

  1. Pemberian Thionamide

Thionamide merupakan obat yang berfungsi untuk menurunkan hormon tiroid. Obat ini merupakan jenis obat pertama yang dapat digunakan untuk menekan prodksi hormon tiroid, efek samping dari obat ini yakni mual, nyeri sendi, kemerahan, menurunnya jumlah sel darah putih.

  1. Pemberian Terapi Yodium Radioaktif

Terapi ini hampir mirip dengan pemberian obat thionamide, akan tetapi yang membedakan terapi ini adalah konsep dalam menurunkan hormon tiroid, yaitu dengan menghancurkan sel-sel tiroid sehingga ukuran benjolan akan mengecil. Selain itu juga, zat radioaktif setelah masuk ke dalam tubuh, akan terserap dan mengakibatkan nodul menjadi mengecil.

  1. Pemberian Terapi Pengganti Hormon

Pemberian terapi ini merupakan penanganan pada penderita gondok yang mengalami hipotiroidisme atau suatu kondisi dimana hormon tiroid mengalami penurunan drastis. Pemberian obat jenis ini umumnya dilakukan seumur hidup dan disesuaikan dengan kondisi penderita. Contoh obat jenis terpi pengganti hormone adalah levothyroxine.

  1. Tiroidektomi

Tiroidektomi merupakan prosedur operasi yang dilakukan untuk mengangkat sebagian atau seluruh kenlenjar tiroid. Dokter akan segera menyarankan tindakan operasi pengangkatan apabila kondisi benjolan sudah membesar dan mengganggu jalan nafas penderitanya, serta gangguan dalam menelan. Tiroidektomi juga disarankan bagi para penderita yang dicurigai memiliki benjolan tiroid yang mengandung sel-sel kanker yang lebih membahayakan penderita penyakit gondok itu sendiri.

Prosedur ini dilakukan dengan penuh pertimbangan, beberapa diantaranya yakni dengan menentukan apakah ada kontraindikasi dilakukannya operasi dan memperhitungkan komplikasi yang terjadi akibat tindakan pembedahan.

  1. Diet yang Tepat

Selain jenis pengobatan dengan medikamentosa dan operasi, langkah penting selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan yang tepat. Khusus bagi penderita penyakit gondok akibat kekurangan yodium, maka penderita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kadar garam yodiumnya. Selain itu ada juga diet rendah cyanoglucoside, yakni dengan membatasi konsumsi singkong, tepung maizena, rebung dan kentang manis, karena bahan-bahan tersebut dapat menghambat transportasi yodium pada kelenjar tiroid. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here