Langkah Orang Tua Dalam Mendukung Anak Meraih Cita-citanya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap anak pasti memiliki cita-cita dan mimpi yang ingin diwujudkan. Walaupun mimpi mereka belum pasti akan mereka wujudkan pada saat dewasa namun orang tua harus tetap memberikan support yang penuh untuk buah hatinya.

Jika ingin membantu anak mewujudkan cita-citanya, berikut beberapa langkah yang perlu orangtua lakukan dalam mendukungnya:

  1. Cari tahu sumber cita-cita anak

Anak memiliki beragam cita-cita dan jika anda menanyakan alasannya pasti mereka memiliki jawaban yang tidak terduga. Terkadang anak menganggap berbagai profesi sebagai cita-cita karena mereka tanpa sadar menyukai berbagai hal yang ada didalamnya. Orang tua tidak perlu menentang dan melarang keinginan anak untuk melakukan kegiatan yang terkait dengan cita-citanya. Karena peran orangtua hanya perlu memberikan dukungan penuh dan kasih sayang agar anak mampu memiliki pemikiran dan mental yang kuat. Pada saat anak menuju remaja dan dewasa, disinilah tugas orangtua mengarahkan dan memberikan masukan akan kelanjutan untuk bekal mewujudkan cita-citanya.

  1. Berikan contoh yang baik

Orangtua menjadi contoh dan guru nomer satu didalam keluarga juga dalam pendidikannya. Orang tua dapat memberikan contoh perilaku yang baik karena menjadi sosok yang patut untuk dicontoh oleh anak-anak. Sikap optimistis, rasa percaya diri, ulet, tangguh dan bertanggungjawab dapat orang tua terapkan dilingkungan keluarga agar anak juga dapat mencontoh perilaku tersebut dan mampu menerapkannya saat bersosialisasi di luar rumah.

  1. Menemani anak berjuang meraih cita-citanya

Pada saat anak berusaha dan mengerti tentang semua yang ada pada pembelajaran cita-citanya, pasti tetap ada kondisi dimana anak mengalami lelah dan putus asa. Disinilah orangtua dapat membantu mengarahkan anak untuk berfikir positif. Anak dapat dibimbing untuk mencari apa saja sumber kesulitan, bantu anak untuk menilai dirinya, carikan solusi yang mudah dicerna dan bantu dalam membuat daftar perbaikan.

  1. Dukung semua keinginan anak yang positif

Semua keinginan anak selama kegiatan yang diikuti postif dapat orangtua dukung sebagai upaya dalam perkembangan anak dalam berpikir. Dukungan yang baik akan membuat anak lebih bisa mengembangkan kemampuan dirinya tanpa harus merasa takut.

  1. Imbangi anak sesuai dengan kemampuannya

Kelemahan anak bukanlah suatu bencana. Jika kemampuan anak belum dapat mencapai tingkat yang orangtua inginkan jangan memaksakannya karena anak sedang dalam proses berkembang. Orangtua tetap harus berupaya membantu mengasah kemampuan anak sampai anak merasa percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya.

  1. Kenali kemampuan anak

Orangtua wajib mengenali kemampuan anak. setiap anak pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan tidak dapat disamakan. Setelah orangtua mengenali kemampuan yang anak miliki, selanjutnya dapat membantu dalam mengembangkan kemampuannya dan wajib untuk mendukungnya. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here