Langkah Pencegahan Mimisan Metode Penanganan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mimisan atau epistaksis merupakan kondisi dimana darah keluar dari hidung seseorang sehingga membuat penderita dan seseorang yang melihatnya pun kaget. Cara penanganannya biasanya dilakukan dengan menjepit hidung, membebat dedaunan dan yang lainnya.

Apa yang Dimaksud dengan Mimisan?

Mimisan merupakan kondisi dimana darah keluar dari hidung karena adanya berbagai faktor, seperti cidera ringan, udara yang sangat dingin atau kering dan kelainan sistemik lainnya. Kelainan sistemik yang ada seperti darah tinggi dan tumor yang tumbuh di sekitar hidung sehingga membutuhkan pencegahan yang tepat.

Adapun langkah pencegahan mimisan yang bisa dilakukan sedari dini ialah sebagai berikut:

  1. Jangan sering measukkan tangan atau benda asing ke dalam hidung sehingga tidak terjadi luka pada hidung. Jangan sembarangan memasukkan benda asing ke dalam hidung. Baik itu untuk iseng atau pun becanda.
  2. Jangan terlalu panjang atau kencang saat menghembuskan nafas dan mengeluarkan ingus. Meskipun ingus di dalam hidung rasanya terkadang sangat gatal dan mengganggu, tapi jangan sampai Anda terlalu parah mengeluarkan ingus.
  3. Selalu cek kondisi kuku sehingga tidak terjangkit berbagai bibit penyakit termasuk saat menyentuh atau memasukkan jari ke dalam lubang hidung.
  4. Bekas luka di dalam hidung yang sudah lebih dahulu mengeluarkan darah dalam jangka waktu tertentu akan terbuka kembali lukanya saat ada jari yang masuk ke dalam hidung. Sehingga jangan sampai Anda memasukkan jari ke dalam hidung sehingga koreng tidak terbuka kembali.
  5. Sebaiknya hindari rokok, minuman beralkohol, dan minuman yang panas sehingga tidak batuk atau flu karena biasanya asap rokok membuat seseorang batuk-batuk. Padahal batuk dan flu membuat seseorang rentan terkena mimisan. Terlebih jika terdapat luka di dalam hidung.
  6. Pakailah obat pelega hidung yang sesuai dengan resep dokter apabila hidung mengalami “mampet” dan tidak bisa bernafas dengan lega. Sebaiknya pakailah obat pelega hidung yang berlabel dari apotek atau pun dokter.
  7. Konsultasi dengan dokter, nanti biasanya dokter akan memberikan obat antikoagulan yang bisa mengatasi hidung mimisan.
  8. Jangan bekerja terlalu keras. Biasanya seseorang yang memiliki kecenderungan untuk mimisan tidak bisa dipaksa kerja terlalu berat. Misalnya mengangkat-angkat barang secara berlebihan, biasanya akan membuat seseorang tersebut mengalami mimisan yang cukup parah.
  9. Jangan sembarangan menindik hidung tanpa dilakukan oleh seseorang yang memang sudah ahli. Banyak orang salah menindik pada area hidung sehingga rentan membuat seseorang terjadi mimisan. Alih-alih ingin bergaya justru berujung pada mimisan.

Demikian informasi mengenai langkah pencegahan mimisan dengan metode penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca setia, khususnya yang biasa mengalami mimisan. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here