Langkah Pencegahan Mimisan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika berbicara mengenai mimisan, pasti hampir semua orang pernah mengalaminya. Mimisan adalah pendarahan yang terjadi dari hidung. Kondisi ini cenderung menakutkan dan sering menyebabkan kepanikan, khususnya jika mimisan terjadi pada anak-anak atau orang lanjut usia. Padahal, perlu diketahui bahwa sebenarnya mimisan merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak mengancam jiwa. Ketika mimisan, darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan waktu atau durasi yang berbeda, ada yang hanya mengalami mimisan beberapa detik bahkan ada yang sampai dengan 10 menit.

Meskipun mimisan adalah hal yang umum terjadi, Anda perlu mewaspadai jika mimisan sering terjadi dan dalam waktu yang lama. Karena bisa jadi, mimisan yang terjadi tersebut mengindikasikan adanya penyakit-penyakit tertentu. Beberapa indikasi dari mimisan yang perlu Anda waspadai antara lain, mimisan yang berlangsung dengan waktu lebih dari 30 menit, mimisan yang terjadi pada anak-anak berusia di bawah 2 tahun, mimisan setelah melakukan operasi di daerah hidung atau sinus, sering mengalami mimisan dalam waktu singkat, mimisan dengan volumen darah yang cukup banyak, kesulitan bernafas karena mimisan dan demam atau mengalami ruam.

Dinding dalam hidung penuh dengan pembuluh darah halus yang dekat dengan lapisan kulit sehingga mudah untuk rusak. Mimisan bisa disebabkan oleh berbagai hal dan faktor pemicunya bisa berupa penggunaan obat-obatan, keturunan bahkan penyakit. Beberapa penyebab mimisan seperti, membuang ingus terlalu kencang, melukai dinding hidung saat mengorek hidung, udara yang kering dan dingin sehingga menjadikannya lebih rentan terluka dan infeksi, sinusitis akut, penggunaan obat-obatan tertentu, cedera hidung, operasi hidung sampai dengan tumor pada rongga hidung.

Pada umumnya, hidung juga akan lebih rentan terkena iritasi maupun infeksi setelah mimisan. Karena itu, Anda sebaiknya menjaga jaraknya sebisa mungkin dari pengidap flu, batuk dan pilek. Selain itu, hindarilah merokok, minum minuman keras dan tahan dulu untuk minum minuman panas karena hal ini dapat memicu mimisan. Ada beberapa langkah pencegahan mimisan yang berguna, berikut penulis paparkan langkah-langkah pencegahan mimisan, antara lain:

  1. Berhati-hati saat mengorek hidung. Perhatikan agar tidak terlalu keras karena dapat membuat bagian dalam hidung terluka.
  2. Ketika membuang ingus, usahakan jangan terlalu kencang.
  3. Berhentilah merokok, karena rokok dapat mengurangi kelembapan hidung dan membantu meningkatkan risiko atas iritasi dan infeksi pada hidung.
  4. Dalam banyak kasus, mimisan sering terjadi pada saat udara kering, jika Anda rentan terhadap mimisan, gunakan pelembab untuk hidung di rumah Anda untuk menjaga hidung Anda tetap lembab.
  5. Konsultasi dan diskusikan dengan dokter jika Anda mengalami mimisan berlebih dan harus menggunakan obat-obatan. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here