Larangan dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Patah Tulang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kecelakaan yang cukup besar dapat memiliki dampak yang cukup parah juga pada seseorang. Salah satu dampak parah yang sering dialami orang yang kecelakaan adalah patah tulang.

Patah tulang adalah keadaan yang terjadi ketika kekuatan yang diberikan terhadap tulang lebih kuat dari tulang yang dapat menanggung, contohnya karena kecelakaan. Demi perawatan patah tulang lekas sembuh biasanya dokter akan memberikan saran seperti makanan yang boleh dimakan atau sebaliknya larangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat terjadi patah tulang karena dapat memperlambat proses penyembuhan patah tulang.

Makanan dalam proses penyembuhan patah tulang menjadi penting diperhatikan karena seperti yang disebutkan di atas ada beberapa makanan yang justru memperlambat proses penyembuhan karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut sehingga merupakan sebuah pantangan atau larangan untuk dikonsumsi. Berikut larangan dan pantangan makanan bagi penderita patah tulang :

  1. Telur

Telur seringkali menjadi kontrofersi saat membicarakan makanan untuk orang yang sakit. Pada penderita patah tulang sebaiknya juga hindari makan telur terlebih dahulu karena telur mengandung hampir lebih dari 90% kalsium dan zat besi pada kuning telurnya dan perlu diketahui bahwa satu telur bisa mengandung 6 gram asam amino esensial. Akibat kandungan kalsium yang tinggi pada telur tersebutlah yang menyebabkan penderita patah tulang merasa gatal dan juga ruam.

  1. Ikan

Ada beberapa ikan yang memang harus jangan dimakan dulu pada penderita patah tulang. Larangan tersebut karena ikan yang terlarang ini mengandung kandungan berbahaya seperti merkuri, racun, bahkan ada ikan yang jika dikonsumsi terlalu sering dapat merusak sel-sel otak. Ikan yang termasuk pantangan ada penderita patah tulang yaitu mackarel, kaviar, belut, swordfish, dan tuna serta sirip biru.

  1. Susu dengan kandungan kalsium tinggi

Kalsium yang tinggi bisa didapatkan dari susu untuk kesehatan tulang. Namun saat anda menderita patah tulang, sebaiknya kurangi konsumsi susu dengan kalsium yang tinggi sampai kondisi patah tulang anda membaik. Kalsium tinggi yang masuk dalam tubuh penderita patah tulang tidak akan lancar masuk dalam tulang namun mengendap di daerah sekitar persendian atau pada tulang yang patah. Jika diteruskan mengonsumsi susu kalsium tinggi akan membuat anda merasa ngilu yang berlebih.

  1. Makanan yang mengandung protein tinggi

Tak hanya kalsium tinggi yang dihindari. Penderita patah tulang sementara sebaiknya juga menghindari atau mengurangi makanan dengan protein tinggi demi kesembuhan patah tulang. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here