Legenda Kitsune dalam Cerita Kehidupan Seksual Masyarakat Jepang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jepang adalah negara yang memiliki banyak legenda dan mitos tentang berbagai siluman. Dan salah satunya tentang legenda negeri sakura adalah kitsune atau dikenal dengan siluman rubah. Kabarnya siluman ini sangatlah sakti dan dapat berubah menjadi sosok manusia.

Mungkin anda sudah pernah mendengarnya dan melihatnya di acara televisi yang menayangkan filem-filem pada jaman dahulu salah satunya filem tentang siluman rubah. Cerita siluman ini sudah ada sejak jaman jepang kuno, sekitar abad ke-5 SM. Sosok kitsune ini digambarkan sebagai siluman rubah yang cerdas, sakti dan berumur panjang. Dan semakin tua umur kitsune ini maka akan semakin sakti. dalam legendanya jepang dan kitsune tertua memiiki 9 ekor dan memiliki bulu putih yang keemasan serta jenis kitsune ini disebut kyubi no kitsune dan kesaktiannya yang sangat luar biasa.

Dalam sebuah cerita ini kitsune dapat berubah wujud menjadi sosok manusia yang berjenis kelamin wanita jepang yang berwajah mirip rubah, berwajah tirus, tulang pipi tinggi dan alis tipis, di anggap cantik. Kabarnya karena kitsune ini berubah menjadi jelmaan yang sangat cantik dan ia dapat membaut pria manapun jatuh cinta padanya dan ingin menikahinya. Kemampuan kitsune lainnya bahwa ia dapat merasuki manusia. Dan kisah kerasukan siluman rubah ini banyak diceritakan dalam legenda-legenda jepang yang disebut sebagai kitsunetsuki. Jika seseorang manusia kerasukan kitsune, maka manusia tersebut dapat bersikap seperti rubah. Dan sering sekali teriak, menyalak dan jika tidur dipinggir jalan dan ia pun dapat berlari kencang. Dalam legenda juga rubah ini sering diceritakan sebagai penjaga yang setia, teman, kekasih atau istri, walaupun sering terdapat kisah rubah menipu manusia. Sehingga umumnya di jalam modern ini kisah kitsune masih sangat populer di negara jepang.

Mitos kitsune ini juga menjadi bahan perdebatan karena seluruhnya berasal dari sumber asing yang merupakan konsep asli jepang. Sehingga mitos ini ditelusuri hingga rakyat Tiongkok, Korea sampai India.

Menurut rakyat Tiongkok megisahkan mahluk huli jing (arwah rubah) yang diartikan mirip dengan kitsun mempunyai ekor 9. Dan di korea mahluk ini disebut Kumiho (rubah yang berekor sembialn) dan merupakan mahluk mistik yang telah berumur lebih dari seribu tahun. Dan rubah dari Tiongkok dan Korea ini digambarkan berbeda dengan Kitsune yang berasal dari jepang. Jika rubah Kumiho dari korea ini di gambarkan rubah yang jahat walaupun demikian para ilmuwan seperti Ugo A. Berpendapat bahwa persamaan dalam cerita tetang rubah kitsun ini berasal dari kitab india seperti Hitopadesha yang menyebar ke Tiongkok dan Korea.

Sehingga pada akhirnya sampai juga ke negara Jepang. Sebaiknya ahli cerita rakyat jepang ini yaitu Nozaki Kiyoshi berargumentasi bahwa kisah legenda kitsune ini sudah dianggap sebagai sahabat orang di negara jepang sejak abad ke-4 dan pada unsurnya di impor dari Tiongkok dan Korea hanyalah sifat jeleknya Kitsune. Nozaki menyatakan bahwa dalam naskahnya terdapat rubah dan manusia yang hidup berdampingan pada zaman kuno jepang sehingga menurut Nozaki hal ini merupakan timbulnaya legenda asli dari kitsune jepang.

Kesimpulannya kisah kitsune ini sangat erat kaitannya dengan manusia di negara jepang, kitsune yang berekor 9 ini dan berbulu emas juga dapat bercengkraman dengan manusia yang dapat merubah wujudnya menjadi seorang siluman manusia yang berjenis kelamin wanita yang sangat cantik sehingga dapat menggoda pria pria jepang yang melihatnya. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here