Lemak Perut pada wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pelebaran pinggang kadang-kadang dianggap sebagai penanda bahwa ia semakin tua. Bagi wanita, hal ini dapat dikatakan benar terutama setelah masa menopause, ketika lemak tubuh cenderung bergeser ke perut.

Namun peningkatan lemak di perut tidak hanya menjadi masalah baju dan celana yang tidak muat. Penelitian menunjukkan bahwa lemak perut juga membawa risiko kesehatan yang serius. Kabar baiknya? Ancaman yang ditimbulkan oleh lemak di perut dapat diturunkan.

Berat badan Anda sangat ditentukan oleh bagaimana Anda menyeimbangkan kalori yang Anda makan dengan energi yang Anda bakar. Jika Anda makan terlalu banyak dan berolahraga terlalu sedikit, Anda cenderung mengalami kelebihan berat badan, termasuk lemak di perut.

Namun, penuaan juga memainkan peran. Massa otot biasanya berkurang seiring bertambahnya usia. Hilangnya massa otot juga menurunkan tingkat di mana tubuh Anda menggunakan kalori. Banyak wanita juga melihat peningkatan lemak perut ketika usia mereka bertambah – bahkan bagi orang yang tidak gendut. Hal ini mungkin karena tingkat penurunan estrogen, yang tampaknya mempengaruhi di mana lemak didistribusikan dalam tubuh.

Masalahnya, lemak perut itu tidak terbatas pada lapisan ekstra padding yang terletak tepat di bawah kulit (lemak subkutan). Ini juga mencakup visceral fat – yang terletak jauh di dalam perut Anda, sekitar organ internal Anda.

Meskipun lemak subkutan menimbulkan pertimbangan kecantikan, lemak visceral yang terkait dengan masalah kesehatan yang jauh lebih berbahaya, termasuk:

  • penyakit kardiovaskular
  • Diabetes tipe 2
  • kanker kolorektal

Penelitian juga telah mengaitkan lemak di perut dengan peningkatan risiko kematian dini terlepas dari berat keseluruhan. Bahkan, beberapa studi telah menemukan bahwa bahkan ketika perempuan dianggap mempunyai berat badan normal berdasarkan indeks massa tubuh standar (BMI) pengukuran, ukuran pinggang yang besar meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Mengukur bagian tengah tubuh Anda. Jadi bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki terlalu banyak lemak di perut perut? Cukup mengukur pinggang Anda:

  • Tempatkan pita pengukur di sekitar perut telanjang, tepat di atas tulang pinggul Anda.
  • Tarik meteran sampai cocok pas melingkar di pinggang Anda, tetapi tidak mendorong kulit anda ke bagian dalam.
  • Rileks, napas dan ukur pinggang Anda.

Bagi wanita, ukuran pinggang 35 inci (89 cm) atau lebih menunjukkan konsentrasi lemak yang tidak sehat di perut dan risiko yang lebih besar seperti masalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Untuk pria, ukuran pinggang 40 inci (102 cm) atau lebih dianggap memprihatinkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here