Let Down Reflex Pasca Ibu Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernahkah anda mendengar tentang istilah let-down reflex, apakah itu let down reflex? Mungkin sebagian dari anda ada beberapa yang tahu tentang istilah ini atau mungkin ada juga yang baru mendengarnya. Kita akan bahas bersama tentang let down reflex.

Arti dari let down reflex adalah suatu reflex alamai yang terjadi pada ibu pasca melahirkan dan mulai untuk menyusui bayinya. Hal ini merupakan kunci keberhasilan dari seorang ibu yang pada saat itu memberikan ASI pada bayinya.

Let down reflex adalah suatu kemampuan bagi ibu untuk mengeluarkan ASI agar keluar lancar yang pada saat itu dapat menyusui bayinya. Sehingga jika let down reflex tersebut berhasil diberikan pada bayinya secara lancar dan alami yang dapat dilakukan dengan benar. Bagi beberapa ibu mungkin jarang sekali yang merasakannya dan hal tersebut di artikan let down reflex tidak berhasil. Let down reflex berawal dari isapan bayi pada payudara ibu, isapan bayi tersebut kemudian merangsang saraf-saraf yang ada pada putting ibu dan saraf tersebut kemudian akan menyebabkan hormon prolaktin dan oksitosin dapat dilepaskan kealiran darah ibu. Hormon prolaktin ini akan bereaksi terhadap jaringan penghasil ASI yang ada di payudara ibu, sedangkan hormon oksitosin akan berfungsi untuk berkontraksi, dan kontrasksi ini akan menyebabkan payudara mendorong ASI keluar lebih lancar.

Berapa lama kah let down reflex dapat terjadi, yaitu pada saat ibu sedang menyusui tergantung setiap ibu berbeda-beda bahkan ada beberapa antara waktu menyusui satu dengan yang lainnya. Namun biasanya let down reflex akan bekerja beberapa detik sampai beberapa menit saja saat anda menyusui bayi anda.

Let down reflex ini tidak hanya dapat di pacu oleh isapan bayi saja akan tetapi dapat di picu juga dari kontak dengan bayi atau hanya dari perasaan anda. Misal ketika bayi anda menangis pasti akan secara spontan anda segera beranjak untuk mendekati bayi dan menyusuinya segera mungkin. Hal ini menjadi suatu reflex dari let down sendiri secara otomatis payudara anda akan mengalirkan ASI keluar. Jadi let down reflex ini dapat membantu anda untuk mendorong ASI keluar untuk diisap oleh bayi. Jika let down reflex anda tidak dapat bekerja dengan baik hal ini dapat menyebabkan suatu masalah saat menyusui. Akan mengakibatkan ASI yang keluar dari payudara anda akan menurun sehingga bayi anda akan kekurangan ASI. Lama kelamaan bayi anda akan menolak untuk menyusu dan hal ini dapat menghambat pertumbuhan bayi.

Bagi ibu muda atau ibu yang melahirkan secara operasi caesar pasti akan mengalami kesulitan untuk memberikan ASI. Salah satunya anda harus memompa ASI anda untuk diberikan kepada bayinya, karena ibu yang melahirkan secera caesar akan memerlukan waktu yang lama untuk pulih kembali dan banyak sekali yang memang ASInya belum dapat keluar, tehnik let down reflex ini dapat menjadi alternatif anda untuk memberikan ASI, meskipun dilakukan dengan cara memompa ASI anda dapat melakukan hal seperti:

  1. Anda perlu menenangkan diri anda dahulu

Pada saat memompa atau menyusui sebaiknya anda dalam kondisi tenang. Karena ketenangan mampu menbatu tubuh memproduksi ASI yang lebih baik.

  1. Anda boleh pijat payudara anda dengan lembut

Pijata payudara anda, terutama pada bagian putting hal ini akan dapat membantu let down reflex berjalan dengan baik. Pijat puting bagian atas payudara dengan jari-jari menggunakan minyak oil lalu kompres atau bersihkan dengan air hangat agar membantu saraf yang terdapat pada payudara menjadi rileks dan dapat mengeluarkan ASI yang lancar.

  1. Pikirkan hal hal yang baik tentang bayi anda

Pada saat anda mempmpa atau anda menyusui bayi anda sebaiknya anda mulai berfokus dan melihat bayi anda, hal ini dapat membantu let down reflex bekerja baik lakukan dengan sepenuh hati hanya untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi anda.

  1. Dukungan oleh keluarga

Ibu yang habis melahirkan pastinya belum mampu untuk melakukan apa apa sendiri hal ini menjadi utama yaitu dukungan keluarga yang menemani ibu, dukungan ini membuat ibu lebih nyaman dalam merawat bayinya dan menyusui bayinya secara senang dan santai menjadi let down reflex yang akan berhasil.

Untuk menilai let down reflex ini berhasil atau tidak anda dapat memperkirakan sendiri tentang sensasi anda dalam menyusi bayinya dengan melihat tanda-tanda seperti :

  1. Anda akan merasakan kram pada bagian perut bagian bawah (rahim) pada minggu pertama anda menyusui bayi anda.
  2. Anda akan merasakan semutan dan merasakan sensasi panas pada payudara anda saat menyusui.
  3. Bayi akan mengalami perubahan pola menghisapnya.
  4. Bayi akan mengalami kenaikan berta badan secara bertahap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here