LEUKOPLAKIA

DEFINISI

Dengan leukoplakia penebalan, tambalan putih terbentuk pada gusi, Bagian dalam pipi, Bagian bawah mulut dan, kadang-kadang, lidah. Tambalan ini tidak bisa dikerok. Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan leukoplakia tapi mempertimbangkan tembakau apakah merokok, dicelup atau dikunyah menjadi penyebab utama dalam pengembangannya.

Leukoplakia biasanya tidak berbahaya, tapi kadang-kadang bisa serius. Meskipun kebanyakan adalah tambalan leukoplakia jinak, beberapa menunjukkan tanda-tanda awal kanker. Banyak kanker di lantai mulut di bawah lidah berupa leukoplakia. Untuk alasan itu, lebih baik untuk melihat dokter gigi jika Anda memiliki perubahan yang tidak biasa pada mulut Anda.

GEJALA

Leukoplakia dapat memiliki berbagai penampilan. Perubahan biasanya terjadi pada gusi, Bagian dalam pipi, Bagian bawah mulut dan, kadang-kadang, lidah Anda.

Leukoplakia mungkin muncul, seperti :

  • Tambalan putih atau keabu-abuan
  • Tidak teratur atau bertekstur datar
  • Menebal atau mengeras
  • Bersama dengan mengangkat, luka merah (erythroplakia), yang lebih mungkin untuk menunjukkan perubahan prakanker

Jenis leukoplakia disebut adalah leukoplakia berbulu terutama yang mempengaruhi orang-orang yang sistem kekebalan tubuh yang telah dilemahkan oleh obat atau penyakit, terutama HIV/AIDS. Berbulu adalah leukoplakia menyebabkan tambalan kabur, putih yang menyerupai lipatan atau pegunungan di sisi lidah Anda. Ini sering keliru untuk sariawan, infeksi ditandai dengan bercak putih krem, yang bisa dihapus, di daerah yang meluas dari bagian belakang tenggorokan ke bagian atas kerongkongan Anda (faring) dan bagian dalam pipi. Sariawan juga umum pada orang dengan HIV/AIDS.

Ketika ke dokter

Kadang-kadang luka mulut dapat mengganggu atau menyakitkan tanpa menjadi berbahaya. Tetapi dalam kasus lain, masalah mulut dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius.

Temui dokter gigi jika Anda memiliki hal-hal berikut :

  • Plak putih atau luka di mulut yang tidak sembuh dalam dua minggu
  • Benjolan atau tambalan putih, merah atau gelap di mulut Anda
  • Perubahan yang terus-menerus dalam jaringan mulut Anda

 PENYEBAB

Penyebabnya leukoplakia tergantung pada apakah Anda memiliki berbagai standar atau jenis berbulu.

Leukoplakia

Walaupun penyebab leukoplakia tidak diketahui, penggunaan tembakau, termasuk Merokok dan mengunyah, tampaknya bertanggung jawab untuk kebanyakan kasus. Sering kali, pengguna produk tembakau tanpa asap akhirnya mengembangkan leukoplakia dimana mereka memegang tembakau terhadap pipi mereka. Penggunaan alkohol jangka panjang dan iritasi kronis lain juga dapat berkontribusi untuk leukoplakia.

Leukoplakia Berbulu

Leukoplakia Berbulu, kadang-kadang disebut oral adalah leukoplakia berbulu, hasil dari infeksi virus Epstein – Barr (EBV). Setelah Anda terinfeksi dengan EBV, virus menetap dalam tubuh Anda untuk hidup. Biasanya, virus aktif, tetapi jika sistem kekebalan tubuh melemah, baik dari penyakit atau obat tertentu, virus dapat diaktifkan, mengarah ke kondisi seperti leukoplakia berbulu

Orang dengan HIV/AIDS terutama mungkin mengembangkan Leukoplakia Berbulu. Meskipun penggunaan obat antiretroviral telah mengurangi jumlah kasus, leukoplakia berbulu masih mempengaruhi sejumlah orang HIV, positif dan itu mungkin menjadi salah satu tanda-tanda pertama dari infeksi HIV. Munculnya leukoplakia berbulu juga mungkin merupakan indikasi bahwa terapi antiretroviral gagal.

FAKTOR RESIKO

Penggunaan tembakau menempatkan Anda pada risiko tinggi leukoplakia dan kanker mulut. Minum alkohol dikombinasikan dengan rokok akan meningkatkan resiko Anda.

KOMPLIKASI

Leukoplakia biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen jaringan di mulut Anda. Namun, kanker mulut adalah komplikasi berpotensi serius leukoplakia. Oral kanker sering bentuk dekat leukoplakia, dan perbaikan diri mungkin menunjukkan perubahan kanker. Bahkan setelah tambalan leukoplakia dihapus, risiko kanker mulut tetap ada.

Leukoplakia berbulu, di sisi lain, tidak menyakitkan dan tidak mungkin untuk menyebabkan kanker. Tapi mungkin mengindikasikan infeksi HIV atau AIDS.

ERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Anda mungkin memulai dengan melihat dokter gigi atau dokter umum Anda. Namun, Anda mungkin juga akan dirujuk ke dokter bedah ahli spesialis oral atau telinga, hidung dan tenggorokan (THT) untuk diagnosis dan pengobatan.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala Anda, bahkan jika mereka tampaknya tidak terkait dengan kondisi Anda
  • Informasi penting mengenai kondisi dan gigi Anda, seperti gejala dan pengobatan sebelumnya.
  • Semua obat-obatan, vitamin dan suplemen lain yang Anda pakai
  • Pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter gigi Anda.

Untuk adalah leukoplakia, dasar pertanyaan untuk tanya dokter gigi Anda meliputi :

  • Apa yang mungkin menyebabkan kondisi saya?
  • Adakah penyebab lain untuk kondisi saya?
  • Apakah saya perlu tes khusus?
  • Apakah kondisi ini mungkin hanya sementara atau kronis?
  • Perawatan apa yang tersedia? Pilihan mana yang Anda rekomendasikan?
  • Apakah alternatif pendekatan utama Anda sarankan untuk Saya?
  • Apakah ada batasan saya perlu Saya ikuti?
  • Adakah brosur atau bahan cetak lainya serta website yang dapat Saya pedomani di rumah?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lainnya selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkandari dokter

Dokter gigi Anda mungkin untuk menanyakan beberapa pertanyaan, termasuk :

  • Kapan Anda pertama kali melihat perubahan ini?
  • Apakah Anda memiliki rasa sakit atau perdarahan dari area yang bermasalah?
  • Apakah Anda seorang perokok?
  • Apakah Anda menggunakan tembakau?
  • Berapa banyak alkohol yang Anda minum?
  • Apakah Anda memiliki kesulitan menelan?
  • Apakah Anda melihat adanya benjolan di leher Anda?
  • Apakah Anda mengalami rasa sakit?
  • Adakah Anda mengalami mati rasa pada lidah atau bibir Anda?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk sementara

Berhenti Merokok dapat mengurangi atau menghilangkan leukoplakia.

TES DAN DIAGNOSIS

Paling sering, dokter gigi Anda mendiagnosis leukoplakia dengan memeriksa  tambalan di mulut Anda dan mengesampingkan kemungkinan penyebab lainnya. Untuk menguji tanda-tanda awal kanker, dokter gigi Anda mungkin :

  • Menghapus sampel jaringan (biopsi) untuk analisis. Hal ini melibatkan menghapus sel-sel dari permukaan lesi dengan kecil, sikat berputar atau pembedahan mengeluarkan seluruh tambalan leukoplakia (biopsi eksisi) jika tambalan berukuran kecil.
  • Mengirim jaringan untuk analisis laboratorium. Sistem pencitraan yang sangat khusus memungkinkan seorang ahli patologi untuk mendeteksi sel-sel abnormal.

Jika biopsi positif dan dokter gigi Anda melakukan biopsi eksisi yang dihapus adalah seluruh tambalan leukoplakia, Anda mungkin tidak perlu pengobatan lebih lanjut. Jika tambalan besar, dokter gigi Anda mungkin merujuk Anda ke dokter bedah ahli oral atau spesialis THT untuk pengobatan.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Bagi kebanyakan orang, menghentikan penggunaan tembakau atau alkohol membersihkan kondisi. Ketika ini tidak efektif atau jika lesi menunjukkan tanda-tanda awal kanker, dokter gigi Anda bisa merujuk Anda untuk pengobatan, yang melibatkan :

  • Penghapusan tambalan leukoplakia. Tambalan dapat dihapus dengan menggunakan pisau bedah, laser atau probe sangat dingin yang membeku dan menghancurkan sel-sel kanker (cryoprobe).
  • Kunjungan tindak lanjut. Rekuren umum.

Pengobatan leukoplakia paling berhasil ketika sebuah lesi ditemukan dan diobati dini, ketika masih berukuran kecil. Pengobatan regular penting, karena secara rutin memeriksa mulut Anda untuk area yang tidak terlihat normal.

Mengobati leukoplakia berbulu

Biasanya, Anda tidak perlu perawatan untuk leukoplakia berbulu. Kondisi yang seringkali tidak menyebabkan gejala dan tidak mungkin untuk menyebabkan kanker mulut. Jika dokter gigi atau dokter Anda merekomendasikan perawatan, Anda dapat mengambil pil yang mempengaruhi seluruh sistem Anda (sistemik obat), seperti asiklovir obat antivirus (Zovirax) atau obat antiretroviral AZT (Retrovir). Atau Anda dapat menggunakan solusi obat yang Anda Terapkan langsung ke lesi di mulut Anda (obat-obatan topikal), seperti podofilum.

Jika Anda berhenti, bercak putih leukoplakia berbulu mungkin kembali. Dokter atau dokter gigi dapat merekomendasikan kunjungan tindak lanjut setiap tiga bulan untuk memantau perubahan mulut atau terapi yang berkelanjutan untuk mencegah tambalan leukoplakia kembali.

PENCEGAHAN

Anda mungkin dapat mencegah adalah leukoplakia jika Anda :

  • Hindari semua produk tembakau. Berbicara dengan dokter Anda tentang metode untuk membantu Anda berhenti. Jika teman-teman atau anggota keluarga terus merokok atau mengunyah tembakau, mendorong mereka untuk sering melakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Kanker rongga mulut tidak biasanya menyakitkan sampai cukup berkembang maju.
  • Menghindari atau membatasi penggunaan alkohol. Alkohol merupakan faktor dalam leukoplakia dan kanker mulut. Menggabungkan alkohol dan Rokok mungkin membuatnya lebih mudah bagi bahan kimia berbahaya dalam tembakau untuk menembus jaringan di mulut Anda.