Lima Cara Mencegah Timbulnya Komedo

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Terkadang, komedo menjadi momok yang paling dihindari oleh semua orang. Komedo di wajah tentu mengganggu penampilan kulit. Wajah jadi tidak mulus dan terlihat bersisik. Komedo disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelembaban udara, polusi, dan gaya hidup tidak sehat. Berbagai cara mulai dari perawatan melalui masker sampa perwatan ke salon pun sering dilakukan untuk menghilangkan komedo. Berikut ini ada lima cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya komedo.

  • Mencuci wajah minimal tiga kali dalam sehari, boleh menggunakan air saja atau menggunakan sabun, atau milk cleanser. Mencuci muka mampu menghapus minyak yang ada di wajah sehingga terhindar dari penyumbatan minyak di pori-pori wajah.
  • Kedua. Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan, serat, serta sayur, seperti pepaya, jeruk, tomat, dan lain-lain. Hal ini dipercaya akan membantu Anda terhindar dari tumbuhnya komedo. Hal ini pula dikarenakan buah dan sayur khususnya yang tinggi akan vitamin C mampu menjaga kesehatan kulit wajah, membuat wajah semakin cerah, kencang, dan terhindar dari komedo.
  • Mencuci wajah dengan sabun akan membuat kulit menjadi lembab dan mencegah berbagai problem kulit lebih lanjut. Bila rutin membersihkan wajah dengan sabun maka kulit mati yang menutupi komedo akan mudah dilepaskan.
  • Melakukan olahraga. Tidak harus olahraga yang berat, melakukan olahraga ringan seperti joging atau lari pagi, bersepeda atau berenang, juga sangat berperan penting. Anda harus melakukannya dengan rutin misalnya dua kali seminggu. Hal ini dipercaya ampuh dalam mengatasi timbulnya komedo. Karena minyak yang tersumbat di pori-pori akan dibantu keluar melalui olahraga dan keringat. Tapi selain membantu mencegah timbulnya komedo, berolahraga juga dapat membantu Anda untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Jadi silahkan mulai sekarang Anda rajin berolahraga sesuai minat dan hobi Anda.
  • Banyak minum air putih. Biasakan diri Anda untuk mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari, karena hal ini mampu menjaga kesehatan tubuh Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY