Lima Cara Mengatasi Nyeri Pinggul Saat Hamil

SehatFresh.com – Diperkirakan, sekitar 50 – 70% ibu hamil akan mengalami nyeri punggung. Keluhan nyeri punggung akan semakin parah pada trimester akhir kehamilan. Karena begitu sakitnya, keluhan ini dapat mengganggu rutinitas sehari-hari dan tidur malam ibu. Ada berbagai faktor yang menyebabkan ibu hamil merasakan nyeri punggung di saat hamil besar. Umumnya, keluhan ini disebabkan oleh peningkatan berat badan, perubahan postur, perubahan hormon, pemisahan otot rahim dan stres emosional.

Seiring dengan membesarnya rahim, titik berat tubuh cenderung menjadi condong ke depan. Hal ini mengakibatkan Anda berusaha ‘menarik’ bagian punggung, agar lebih ke belakang. Tulang punggung bagian bawah menjadi lebih melengkung, serta otot-otot tulang belakang menjadi memendek. Selain itu, hormon yang dilepaskan selama kehamilan akan membuat persendian tulang-tulang panggul mengalami peregangan. Sebenarnya, hal ini merupakan persiapan yang dilakukan tubuh untuk proses persalinan. Namun, pergeseran ini akan memengaruhi cara punggung menyangga tubuh.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir nyeri punggung pada saat hamil besar:

  1. Olahraga
    Berolahraga secara teratur di masa kehamilan dapat memperkuat otot menjadi lebih fleksibel serta mengurangi stres dan tekanan pada tulang belakang. Olahraga yang baik hamil adalah jalan kaki, berenang, berjalan dan bersepeda statis. Tapi pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai olahraga. Dokter atau ahli terapi fisik dapat merekomendasikan latihan yang sesuai bagi ibu hamil untuk memperkuat punggung dan perut di masa kehamilan.
  2. Aplikasikan kompres
    Menerapkan kompres panas dan dingin pada dapat meringankan nyeri punggung yang Anda alami. Mulailah dengan menempatkan kompres dingin seperti kantong es yang dibungkus handuk pada daerah yang sakit selama 20 menit beberapa kali sehari. Setelah dua atau tiga hari beralihlah ke kompres panas, dengan menempatkan bantal pemanas atau botol air panas pada daerah yang sakit. Namun, tidak dianjurkan untuk menerapkan botol berisi air panas ke perut Anda selama kehamilan.
  3. Duduk dengan tepat
    Jika Anda berada dalam situasi yang mengharuskan duduk untuk waktu yang lama, pastikan Anda duduk dengan posisi yang tepat. Duduklah dengan posisi pinggul dan punggung bawah menyentuh bagian belakang kursi dan lutut Anda membungkuk sudut 90 derajat. Anda juga bisa menempatkan bantal diantara kursi dan punggung bawah. Bantal dapat membantu memperbaiki postur saat duduk dan mencegah kepala dan leher menjadi membungkuk.
  4. Tidur miring
    Di masa akhir kehamilan, Anda sangat dianjurkan tidur menghadap kiri agar rahim tidak memberikan tekanan pada vena cava. Vena cava adalah pembuluh darah utama yang terletak di sisi kanan perut yang membuat darah beredar. Untuk membantu menjaga tulang belakang tetap sejajar, disarankan untuk menempatkan bantal di bawah perut atau diantara kedua kaki. Tidur dengan posisi miring dapat mengurangi beban pada otot perut dan panggul sehingga meninimalkan rasa nyeri yang ibu alami.
  5. Konseling
    Jika sakit punggung yang Anda alami berhubungan dengan stres, berbicara dengan teman yang terpercaya atau seorang konselor dapat membantu. Dokter mungkin merekomendasikan metode akupuntur. Penelitian telah menunjukkan bahwa akupuntur dapat efektif dalam mengurangi nyeri punggung bawah selama kehamilan. Tanyakanlah pada dokter Anda jika tertarik mencobanya.

Sumber gambar : www.kehamilanku.web.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY