Lima Cara Tingkatkan Kualitas Tidur

SehatFresh.com РTidur merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan. Tidur malam yang baik merupakan penunjang energi dan produktivitas. Masalah pada berat badan, kurang konsentrasi saat aktivitas di siang hari dan tubuh menjadi rentan terkena berbagai penyakit merupakan dampak yang ditimbulkan dari kurangnya jam tidur harian.  Jika Anda mengalami masalah tidur, tips-tips di bawah ini dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur, yang juga akan meningkatkan kualitas kesehatan Anda:

  1. Batasi kafein

Minum minuman berkafein di malam hari bisa mengganggu tidur Anda. Kafein membuat Anda terjaga karena menyebabkan kenaikan katekolamin. Hormon-hormon ini meningkatkan energi, denyut jantung, dan penyempitan pembuluh darah, dan mempersiapkan tubuh untuk merespon tantangan apapun. Untuk itu, sebaiknya hindari konsumsi kafein sekitar enam jam sebelum tidur.

  1. Hindari alkohol

Alkohol mengganggu urutan dan durasi tidur dengan mengubah waktu tidur total dan waktu yang dibutuhkan untuk bisa tertidur. Alkohol berdampak negatif pada rapid eye movement (REM), yaitu siklus tidur yang mencapai sekitar 25 persen dari total waktu tidur . Pada siklus ini, aktivitas otak meningkat serta tejadi peningkatan denyut jantung dan pernapasan menjadi tidak menentu. Gangguan pada siklus kritis ini akan membuat Anda lelah dan kebingungan di pagi hari.

  1. Matikan gadget

Memainkan gadget atau elektronik lainnya membuat otak tetap sibuk. Maka dari itu, matikanlah semua perangkat elektronik (smartphone, laptop, iPad dan lain sebagainya) sebelum pergi tidur dan lihatlah bagaimana kualitas tidur Anda membaik. Buatlah waktu tidur Anda hanya untuk tidur. Disarankan untuk mengistirahatkan otak dan pikiran dari gadget setidaknya setengah jam sebelum tidur. Ini membantu otak dan tubuh menjadi lebih rileks sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Tetapkan waktu tidur yang teratur

Pergi tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh terbiasa dengan jam tidur yang teratur. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur pada jam 10:00-06:00 membawa dampak optimal untuk pemulihan fisik dan psikologis setelah seharian beraktivitas.

  1. Olahraga

Tidak hanya latihan bermanfaat untuk kesehatan secara fisik, tidur juga dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat. Luangkanlah waktu setidaknya 30 menit setiap pagi atau sore untuk berolahraga. Terutama, latihan yang memacu detak jantung dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak yang membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Kurang tidur dan pola tidur yang tidak konsisten secara serius dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Ini membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Hutang tidur karena kurang tidur adalah kumulatif. Semakin cepat Anda memperbaiki kebiasaan tidur Anda, semakin cepat perbaikan pada kesehatan Anda. Jika masalah tidur Anda terus berlanjut meskipun telah membuat perubahan di atas, maka mintalah saran dari dokter.

Sumber gambar : bagusuntuktahu.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY