Lima Efek Samping Sering Makan Permen Karet

SehatFresh.com – Banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa mengonsumsi permen karet dianggap bermanfaat bagi kesehatan. Sebab permen karet sangat rendah kalori, mampu menekan nafsu makan, mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas otak. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi permen karet berlebihan bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan seperti :

  1. Merusak gigi

Banyak kasus anak-anak mengalami kerusakan pada gigi akibat terlalu banyak makan permen karet. Gula yang tinggal di dalam rongga mulut dalam waktu lama membuat bakteri merubahnya menjadi asam yang mengurai kalsium gigi (email gigi) sehingga merusak email gigi.

  1. Meningkatkan dorongan makan junk food

Penelitian terbaru menemukan bahwa mengonsumsi permen karet dapat meningkatkan keinginan untuk makan junk food atau makanan tidak sehat lainnya. Para peneliti menyimpulkan bahwa rasa mint yang ada di dalam permen karet menyebabkan buah dan sayur terasa pahit di dalam mulut. Selain itu, ada sifat adiktif saat tubuh terlalu sering menerima asupan gula sehingga tubuh cenderung ingin selalu makan makanan atau minuman manis.

  1. Masalah sendi

Mengonsumsi permen karet secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan sendi yang disebut dengan temporomandibular joint disorder (TMJ). Gangguan sendi ini akan membuat rasa sakit pada otot dan sendi yang menghubungkan tulang rahang dan tengkorak.

  1. Masalah pencernaan

Ketika mengunyah permen karet, Anda cenderung menelan banyak udara yang pada akhirnya bisa menyebabkan sakit perut dan kembung. Permen karet juga mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan manitol yang bisa mengakibatkan diare, alergi, dan sakit kepala. Selain itu, sakarin sebagai bahan utama permen karet juga diyakini dapat mengganggu semua mikroba baik di dalam usus. Ketika keseimbangan mikroba ini terganggu, maka tubuh tidak bisa mencerna dan menyerap nutrisi secara optimal.

  1. Rahang lebih besar

Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang banyak mengunyah permen karet selama masa pubertas lebih berisiko mengalami pertumbuhan wajah yang kurang sempurna. Hal ini dikarenakan tindakan mengunyah permen karet dapat mengganggu pertumbuhan tulang rahang dan otot wajah sehingga membuat rahang lebih besar.

Itulah sedikit informasi singkat tentang dampak buruk keseringan mengunyah permen karet. Oleh karena itu, bagi para penggemar permen karet, ada baiknya untuk mulai mengurangi kebiasaan mengunyah permen karet yang berlebihan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Sumber gambar : atjehcybermedia.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY