Lima Indikator Kesehatan Rongga Mulut

SehatFresh.com – Tahukah Anda bahwa kesehatan rongga mulut sering disebut sebagai cerminan kesehatan tubuh seseorang?. Gigi dan mulut yang dirawat secara baik dan teratur tentunya akan menghindarkan Anda dari masalah gigi dan mulut seperti bau mulut, gigi berlubang, gusi bengkak dan sariawan. Ternyata tidak hanya sebatas itu saja, kesehatan gigi dan mulut dapat menjadi tanda kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, tanda-tanda klinis awal gangguan kesehatan gizi atau kesehatan lainnya seringkali terlihat pada kondisi rongga mulut. Maka dari itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lantas, bagaimana kita bisa tahu seberapa sehat kondisi rongga mulut kita?

Berikut adalah 5 tanda yang mengindikasikan kesehatan rongga mulut Anda:

  1. Gusi sehat
    Gusi sehat adalah indikator utama dari tubuh yang sehat. Gusi yang sehat adalah gusi berwarna merah muda bukan merah atau putih, dan tidak bengkak atau nyeri ketika disentuh. Warna gusi yang merah muda menunjukkan bahwa ada aliran darah yang cukup di gusi Anda. Gusi yang sehat juga bermanfaat untuk menahan gigi agar tetap di tempatnya.
  2. Gigi putih dan tidak berlubang
    Gigi putih menandakan bahwa gigi memang bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada gigi. Kotoran yang menempel pada gigi bisa menyebabkan gigi berlubang. Gigi yang berlubang adalah tempat berkumpul dan berkembang biaknya kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan sakit gigi. Bruxism adalah masalah umum yang dapat meningkatkan keausan pada gigi dan restorasi, termasuk gigi dengan tambalan. Pembusukan, serta retakan kecil atau masalah lain pada gigi dan restorasi mungkin tidak selalu terlihat dengan mata telanjang. Pencitraan gigi dan pemeriksaan menyeluruh dapat membantu mendeteksi masalah sebelum kondisi menjadi lebih sulit untuk diobati. Oleh karena itulah, pemeriksaan gigi rutin menjadi sangat penting dan jangan sampai terlupakan agar masalah pada gigi dan mulut dapat terdeteksi sejak dini.
  3. Tidak bau mulut
    Mulut yang sehat juga ditandai dengan bau napas alami yang netral. Penumpukan bakteri dan partikel makanan secara langsung berkaitan dengan bau mulut persisten. Bau mulut juga bisa menjadi indikator masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, dan bahkan masalah sinus. Obat-obat tertentu yang menyebabkan mulut kering juga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Cara terbaik untuk mencegah bau mulut adalah dengan menyikat gigi dengan benar, melakukan flossing dan berkumur dengan benar.
  4. Jaringan mulut sehat
    Banyak masalah kesehatan seluruh tubuh memiliki gejala yang dapat bermanifestasi dalam mulut, seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah tiroid. Jaringan mulut yang sehat ditandai dengan warnanya yang merah muda, kuat dan lembab. Mulut kering, infeksi seperti sariawan, luka yang menyakitkan, bengkak, atau nyeri adalah beberapa tanda yang mengindikasikan mulut bermasalah. Adanya masalah dalam mulut bisa menjadi tanda-tanda peringatan yang mungkin mengarah ke kanker mulut dan masalah serius lainnya.
  5. Dapat mengunyah dengan baik
    Pada saat mengunyah makanan cobalah Anda rasakan sejenak, apakah ada keluhan pada gigi seperti rasa ngilu saat Anda mengunyah makanan. Bila ketika mengunyah makanan tidak ada keluhan apapun, berarti gigi Anda dalam keadaan baik.

Pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya. Cara sederhana dan mudah dalam perawatan gigi adalah dengan rutin menggosok gigi, menyikat lidah, dan juga berkumur dengan mouthwash. Anda juga tidak boleh melewatkan pemeriksaan gigi rutin yang dianjurkan para dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Sumber gambar : obatkankerronggamulut45.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY