Lima Langkah Optimalkan Pertumbuhan Buah Hati

SehatFresh.com – Tumbuh kembang anak yang optimal tentunya merupakan dambaan setiap orang tua. Untuk mewujudkannya tentu saja orang tua harus selalu memerhatikan, mengawasi dan merawat anak-anaknya secara seksama. Dalam hal memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak, interaksi orang tua serta lingkungan sekitar memiliki peranan yang sangat penting. Banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk memaksimalkan tumbuh kembang buah hatinya. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati tercinta :

  1. Bermain dan berolahraga

Anak sangat suka bermain. Bermain adalah salah satu cara untuk menumbuhkan rasa senang pada anak dan orang tua. selain itu, dengan bermain anak juga dapat mengasah kemampuan otaknya untuk lebih tumbuh dan berkembang. Alangkah baiknya apabila hal tersebut disalurkan dengan membiasakannya berolahraga. Jika dilatih secara rutin, aktivitas yang melibatkan gerak kaki berpengaruh besar terhadap kepadatan tulang. Anda bisa mengajak anak melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil, melompat atau melakukan gerakan senam sederhana.

  1. Minum susu

Kalsium dan vitamin D merupakan sumber utama yang paling penting untuk tulang. Asupan kedua mineral tersebut dapat diperoleh dari susu dan produk turunannya, seperti keju dan yoghurt. Tidak hanya sebatas  kalsium, susu juga mengandung fosfor, magnesium yang juga berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Susu juga kaya vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin C dan asam folat.

  1. Berjemur

Tidak hanya kalsium dari susu, asupan vitamin D alami yang diperoleh dari paparan sinar matahari juga penting untuk kesehatan tulang. Ajaklah anak melakukan aktivitas pagi di luar ruangan agar dapat menikmati hangatnya paparan sinar matahari pagi sambil berjalan santai atau bermain bola.

  1. Makan buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur dalam sepuluh tahun pertama kehidupan anak diyakini dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan serta mempertahankan metabolisme tubuh yang sehat. Bila anak tidak suka sayur, kini sudah banyak resep buah dan sayuran lezat yang bisa dicoba di rumah untuk menu makanan atau minuman sehari-hari dengan variasi dan tampilan yang menarik.

  1. Tidur cukup

Waktu tidur untuk balita adalah 10 hingga 12 jam per hari. Tercukupinya kebutuhan tidur dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengoptimalkan pertambahan tinggi badannya. Suasana ruang kamar yang nyaman dan tenang akan membuat anak cepat tidur dan tidur lelap. Usahakan juga agar anak mendapat waktu tidur siang setiap harinya.

Sumber gambar : buahhati.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY