Lima Macam Penyakit Menular Seksual

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kini semakin banyak jenis dari penyakit menular seksual, penyakit menular seksual terjadi karena adanya infeksi virus yang terjadi akibat melakukan hubungan yang tidak aman. Penularan pms pun sangat mudah, jika salah satu pasangan sudah terjangki pms, maka dengan mudah penyakit yang dideritanya menulari pasangan. Selain melalui hubungan seksual pms juga dapat ditulari melalui sperma, cairan vagina, jarum suntik, bahkan sampai kepada bayi jika sang ibu sedang mengandung.

Berikut adalah 5 macam penyakit menular seksual yang perlu Anda ketahui:

  • Chancroid. Ini adalah jenis pms yang diakibatkan oleh bakteri hemophilus ducreyi. Jika Anda mengalami ini yang akan terasa adalah timbulnya luka lebih dari 2cm, cekung, dan pinggirnya tidak teratur, keluarnya nanah, dan rasa perih. Pada 50% penderita juga akan menimbulkan pembengkakan padan kelebjar getah bening pada lipatan paha yang berwarna merah jika pecah ini akan mengeluarkan nanah dan terasa perih.
  • Klamidia. Selanjutnya adalah Klamidia penyebab timbulnya penyakit ini adalah berasl dari bakteri Klamidia Trachomatis, penyakit ini dapat menular umumnya adalah karena berhubungan seksual tidak menggunakan kondom.
  • Trikonomiasis. Pms jenis ini adalah pms yang diakibatkan oleh parasit Trichomonas Vaginalis, wanita adalah kelompok yang paling sering terkena penyakit ini. gejala yang umumnya timbul pada penderita pms ini adalah bagian perut nawah terasa sakit, timbul rasa nyeri, bau yang keluar dari organ intim dan rasa tidak nyaman.
  • Skabies. Pms ini menyerang jaringan kulit yang diakibatkan kutu scabies. Para penderita pada malam hari mengalami gatal yang bisa mencapai beberapa jam, kemudian timbulnya bejolan dengan bentuk yang mengerikan disekitar area penis atau diantara jari dan bokong. Penularan penyakit ini pun cukup mudah hanya dengan bersentuhan dengan baju atau tempat tidur penderita saja dapat menulari Anda dengan Skabies.
  • AIDS. Penyakit menular seksual jenis ini adalah penyakit yang menyarang sistem kekebalan tubuh dari penderitanya yang membuaat kian hari kekebalan tubuhnya kian menurun secara drastis disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus. 75% penularan terjadi melalui hubungan kelamin penderitanya, penyakit ini pun cenderung berbahaya karena belum ada vaksin atau obatnnya.

Itulah kelima macam pms, mulai sekarang berhati-hatilah dalam melakukan hubungan seksual, kenali pasangan Anda memiliki penyakit ini atau tidak agar Anda aman dan terhindari dari pms.(RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY