Lima Manfaat Prenatal Yoga

SehatFresh.com – Manfaat yoga yang paling populer adalah meningkatkan kekuatan fisik dan fleksibilitas. Bagi wanita hamil, yoga juga memberi banyak manfaat sehingga mendukung kehamilan yang sehat. Selama kehamilan, tubuh wanita serta pikirannya mengalami perubahannya secara drastis. Yoga dapat sangat bermanfaat dalam situasi seperti ini. Terlepas dari penguatan otot-otot panggul dan bagian tubuh lainnya, prenatal yoga juga membantu untuk menenangkan pikiran semasa kehamilan.

  1. Meredakan nyeri

Semakin membesarnya rahim dapat mengubah tingkat kenyamanan dengan tubuh secara drastis. Pertumbuhan bayi dapat menekan rahim sehingga menyebabkan rasa sakit, sembelit dan masalah lainnya. Latihan prenatal yoga bisa mengurangi rasa sakit dan mengurangi ketidaknyamanan akibatnya. Yoga juga dipercaya dapat meringankan sakit maag, carpet tunnel syndrome dan masalah lain yang biasanya berhubungan dengan kehamilan.

  1. Menyeimbangkan tubuh

Manfaat lain dari prenatal yoga adalah mengajarkan bagaimana untuk menyeimbangkan tubuh. Banyak wanita hamil merasa sulit untuk menyeimbangkan tubuh mereka selama kehamilan karena pusat gravitasi yang berubah. Pose yoga tertentu seperti half moon dan tree pose dapat membantu ibu hamil merasa nyaman dengan perubahan keseimbangan.

  1. Meningkatkan kekuatan

Kehamilan dan persalinan membutuhkan kekuatan tubuh yang besar. Prenatal yoga membuat kehamilan dan persalinan nyaman dengan membuat tubuh lebih kuat. Manfaat ini juga akan sangat membantu setelah ibu melahirkan bayi. Ibu juga membutuhkan kekuatan dan kebugaran yang prima untuk menjaga dan merawat sang bayi kelak.

  1. Melatih pernapasan

Bernapas dengan cara yang benar sangat penting selama kehamilan dan persalinan. Bernapas dengan cara yang benar membuat pikiran menjadi lebih rileks sehingga mengurangi ketidaknyamanan ketika persalinan. Dengan prenatal yoga, ibu hamil bisa belajar bernapas dengan perut. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh, yang sangat bermanfaat bagi ibu serta janin.

  1. Manfaat secara mental dan emosional

Manfaat penting dari prenatal yoga adalah membantu mempersiapkan mental untuk persalinan. Latihan yoga bisa membantu mengontrol kecemasan dan fokus pada situasi saat ini. Bahkan, pose yoga tertentu mengajarkan tentang membuka pinggul saat melahirkan sehingga membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Prenatal yoga menawarkan berbagai manfaat untuk wanita yang sedang hamil. Jika ibu baru saja hamil, bergabung dengan kelas prenatal merupakan ide yang baik. Dengan cara ini, ibu hamil dapat menikmati manfaat dari yoga sejak awal kehamilan.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY