Lima Manfaat Puasa bagi Kesehatan Paru-paru

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak peneliti menyatakan bahwa puasa baik untuk kesehatan tubuh seseorang termasuk kesehatan paru-paru, antara lain:

  • Meningkatkan system imun penderita tuberkulosis (TB)

Puasa ramadhan dapat meningkatkan sistem imun penderita tbc yang berguna bagi penderita tuberculosis (TB atau TBC). Selama proses berpuasa, patogen Mycobacterium tuberculosis yang merupakan salah satu agen penyebab TB itu sukses terbunuh.

Tidak hanya memperbaiki kondisi kesehatan penderita TBC saja, penelitian juga menunjukkan bahwa puasa mampu mengurangi resiko terinfeksi tuberkulosis itu sendiri.

  • Memberikan ketenangan.

Menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh diharuskan untuk selalu mengendalikan emosi. Hal ini bermanfaat secara psikologis. Pikiran seseorang yang berpuasa menjadi lebih tenang dan pernapasan lebih teratur.

  • Mencegah asma kambuh.

Kepanikan ketika asma menyerang hanya akan membuat sirkulasi darah kacau dan pernapasan menjadi semakin cepat. Ketenangan seseorang saat berpuasa baik bagi penderita asma untuk mengurangi risiko kambuhnya asma. Kegiatan ibadah seperti sholat tarawih dan witir sama halnya dengan melakukan olahraga kecil yang baik untuk menguatkan otot pernapasan seorang penderita asma.

  • Memperbaiki volume paru-paru.

Sebuah penelitian di Saudi Arabia menyatakan bahwa, terdapat perbaikan volume paru-paru saat berpuasa. Hal ini terjadi karena banyak orang mengalami perbaikan berat badan selama berpuasa sebulan penuh.

  • Waktu yang tepat untuk berhenti merokok.

Puasa ramadhan menjadi waktu yang tepat bagi perokok aktif untuk berlatih berhenti merokok. Perokok harus menahan nafsu untuk merokok. Kebiasaan menahan keinginan untuk merokok saat puasa dapat dilanjutkan sesudah bulan ramadhan agar benar-benar terhenti dari kebiasaan buruk merokok.

Puasa memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun alangkah baiknya untuk menjaga kesehatan dengan langkah pencegahan pola hidup dan pola makan yang baik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY