Lima Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

SehatFresh.com – Bulan Ramadhan telah tiba, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Selain menjadi sarana mengumpulkan pahala bagi umat muslim, berpuasa di bulan Ramadhan juga menawarkan banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Selama berpuasa, pada dasarnya kita hanya mengganti makan pada siang hari menjadi malam hari. Pada kenyataanya, tidak makan dan minum saat berpuasa tidak buruk sama sekali bagi tubuh. Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berpuasa justru baik bagi kesehatan.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari puasa, 5 diantaranya adalah:

  1. Menurunkan kolesterol
    Berpuasa dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi. Makan berlebihan adalah penyebab utama datangnya penyakit seperti obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh tetapi juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan kadar lemak dalam darah.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Faktanya, orang yang berpuasa tidak jatuh sakit, justru meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian mengungkapkan bahwa ketika seseorang berpuasa, maka akan terjadi peningkatan limfosit hingga 10 kali lipat dalam tubuhnya. Hal ini berdampak besar pada sistem imunitas tubuh. Dengan demikian, berpuasa bisa menghindarkan kita dari berbagai virus yang berasal dari lingkungan atau konsumsi makanan yang tidak baik.
  3. Detoksifikasi yang baik
    Beberapa penelitian menyebutkan bahwa puasa di bulan Ramadhan merupakan cara detoks yang mudah dan aman. Saat berpuasa, usus akan membersihkan diri secara alamiah. Pada saat yang sama, organ tubuh lainnya seperti hati dan lambung akan beristirahat. Secara ilmiah, berpuasa akan berdampak pada penurunan berat badan. Berpuasa membuat usus-usus dalam tubuh menjadi lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, Endapan makanan inilah yang akan menjadi lemak diperut. Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.
  4. Mengurangi risiko sakit jantung
    Berpuasa juga telah diteliti dapat menurunkan faktor risiko seseorang terkena penyakit jantung. Kolesterol total tubuh mengalami kenaikan selama periode puasa baik itu kadar kolesterol jahat (LDL) maupun kolesterol baik (HDL). Kenaikan jumlah kolesterol total tersebut terjadi karena adanya aktifitas perombakan sel lemak yang akan diubah menjadi energi. Dalam hal ini, puasa menyebabkan seseorang mengalami kelaparan dan stres sehingga menyebabkan tubuh menggunakan lebih banyak kolesterol sebagai tenaga. Penggantian sumber tenaga dari glukosa menjadi kolesterol (LDL) ini terjadi setelah seseorang berpuasa 10-12 jam. Puasa berkelanjutan akan berdampak pada penurunan jumlah sel lemak pada tubuh. Seseorang yang memiliki sel lemak yang lebih sedikit lebih kecil kemungkinannya mengalami resistensi insulin sehingga lebih terlindungi dari ancaman diabetes. Seperti telah kita ketahui, diabetes merupakan salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung koroner.
  5. Meningkatkan ketajaman berpikir
    Setelah beberapa hari menjalankan puasa, tubuh akan mengalami peningkatan hormone endorphin. Hormon ini akan memberikan efek peningkatan terhadap ketajaman pikiran serta menimbulkan perasaan nyaman.

Puasa Ramadhan sebenarnya memberi kesempatan kepada kita untuk hidup sehat. Namun, berbagai manfaat kesehatan puasa tidak akan maksimal jika asupan makanan pada saat sahur dan berbuka tidak diperhatikan. Pada saat bulan puasa, keseimbangan antara karbohidrat, protein dan lemak tetap menjadi nutrisi yang perlu diperhatikan. Karena tidak makan seharian, banyak orang yang makan berlebihan pada saat mereka berkesempatan makan dengan komposisi makanan berkalori dan berlemak tinggi. Hal inilah yang mesti dihindari.

Dengan niat yang kuat, ibadah puasa dapat kita jalani secara maksimal dengan manfaat yang maksimal pula bagi diri kita. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Dengan berpuasa, kita dapat mengistirahatkan organ pencernaan yang telah bekerja sangat keras selama setahun.

Sumber gambar : www.pusatalquran.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY