Lima Manfaat Yoga Untuk Pria

SehatFresh.com – Selama ini yang banyak melakukan yoga adalah kaum wanita, jarang ada kaum pria yang mau melakukan olahraga ini. Saat ini pun studio yoga sebagian besar memang didominasi oleh wanita. Namun, perlu diketahui bahwa yoga juga punya banyak manfaat kesehatan untuk pria.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari melakukan yoga bagi pria.

  1. Membentuk otot
    Yoga menggunakan berat tubuh untuk melatih kekuatan dan massa otot. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan manfaat pembentukan otot yang sama dengan latihan push up atau squat dalam durasi panjang. Hasilnya, kelompok otot akan bekerja secara bersamaan, yang akan semakin kuat seiring bertambahnya frekuensi latihan yoga.
  2. Meningkatkan fleksibilitas
    Bagi pria yang menghabiskan waktu dan cara kerjanya monoton, hal tersebut tentunya akan membuat otot-otot menjadi kaku. Pose yoga yang mengikutsertakan sendi tulang belakang dapat merenggangkan sendi-sendi yang membentuk susunan tulang belakang. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan atletik, serta memperlancar proses detoksifikasi dan meningkatkan fungsi cerna tubuh.
  3. Mengurangi stres
    Dari sisi mental, yoga membantu pria menangani semua tekanan dan stres dari kegiatan yang bersifat kompetitif, baik itu di kantor atau tempat lainnya. Pria selalu mendapat tekanan untuk jadi orang yang tangguh dan kuat. Tekanan tersebut terkadang membuat pria menjadi tampak lemah. Kelas yoga adalah tempat yang pas untuk mengeksplorasi kelemahan dan kekuatan dalam diri.
  4. Tidur lebih nyenyak
    Fleksibilitas dan berkurangnya tingkat stres bisa membantu Anda menjadi lebih nyenyak saat tidur. Tidak hanya itu, yoga juga akan membantu meningkatkan sirkulasi sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.
  5. Seks yang lebih baik
    Yoga dapat membantu meningkatkan kemampuan pernapasan dan relaksasi. Ketika ini diterapkan dalam kehidupan seks, kemampuan ini dapat membantu Anda mendapatkan seks yang lebih menggairahkan. Meningkatnya kemampuan konsentrasi akan membantu pikiran untuk menyalurkan energi seksual secara menyeluruh.

Jika Anda sedang malas melakukan olahraga dengan menggunakan berbagai alat di pusat kebugaran, mungkin Anda bisa menjadikan yoga sebagai alternatif pilihan yang cukup baik untuk berolahraga. Salah satunya keunggulan yoga dibandingkan olahraga lainnya adalah sedikitnya peralatan yang dibutuhkan (hanya matras sebagai alas dan ruang gerak yang cukup).

Bagi para pria yang ingin mendapatkan manfaat yoga namun merasa kurang nyaman jika harus berada di ruangan penuh wanita, maka Anda bisa berlatih Broga, yoga untuk para pria. Robert Sidoti adalah pencipta dari gerakan Broga pada tahun 2009. Sejauh ini, ia telah melatih lebih dari 200 instruktur Broga di 22 negara bagian Amerika Serikat. Broga itu sendiri lebih berfokus pada kekuatan daripada fleksibilitas dan fisik daripada emosi.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY