Lima Olahraga yang Aman Bagi Penderita Asma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Karena menderita asma, banyak orang yang khawatir untuk berolahraga karena takut asmanya kambuh. Olahraga memang dapat memicu asma, terutama pada mereka yang memiliki riwayat asma karena olaharaga. Tapi, bagaimanapun olahraga merupakan bagian penting dalam pola hidup sehat. Begitu pula bagi penderita asma. Sebetulnya penderita asma tak perlu takut untuk berolahraga asal rutin mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Justru olahraga juga baik untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular yang juga bermanfaat mengurangi frekuensi munculnya serangan asma. Namun, penderita asma sebaiknya memilih olahraga yang tak terlalu berat. Berikut adalah olahraga yang aman bagi penderita asma:

  1. Jalan kaki. Jalan kaki adalah olahraga termudah dan termurah yang semua orang bisa lakukan. Manfaatnya pun banyak sekali, mulai dari mengurangi stres, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker payudara hingga mengurangi risiko kekambuhan asma. Menurut sebuah penelitian, jalan kaki tiga kali seminggu dalam 12 minggu dapat membuat tubuh lebih bisa mengontrol serangan asma. Baiknya jalan kaki dilakukan rutin selama 30 menit sehari. Untuk penyesuaian, Anda bisa berjalan kaki selama 10 hingga 15 menit sehari, lalu secara perlahan durasinya ditingkatkan. Untuk membantu meningkatkan toleransi tubuh saat berjalan, jangan lupakan pula pemanasan dan pendinginan.
  2. Yoga. Fokus dari yoga adalah latihan pernapasan sehingga tak heran kalau olahraga ini baik untuk penderita asma. Bahkan menurut berbagai penelitian ilmiah, rutin melakukan yoga dapat mengurangi ketergantungan seseorang pada obat asma. Manfaat yoga akan lebih maksimal bila dilakukan di bawah pengawasan instruktur berpengalaman.
  3. Renang. Berenang juga merupakan pilihan olahraga yang baik untuk melatih sistem pernapasan yang seiring waktu dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap aktivitas-aktivitas pemicu asma. Salah satu alasanya karena posisi tubuh horizontal ketika berenang dapat meringankan kumpulan lendir pada paru-paru. Tapi, penderita asma perlu hati-hati karena kandungan klorin terlalu tinggi dalam air kolam renang bisa menjadi pemicu serangan asma.
  4. Bola voli. Olahrga voli merupakan olahraga yang dimainkan secara tim. Karena ukuran lapangnya juga tak terlalu luas, siapapun yang melakukan olaraga ini tidak membutuhkan banyak gerakan sehingga penderita asma pun tak perlu terlalu khawatir masalah “keamanan” ketika melakukan olahraga yang satu ini.
  5. Olahraga raket. Tenis dan olahraga sejenis lainnya juga cukup aman untuk penderita asma. Olahraga ini memungkinkan pengeluaran energi yang teratur dan Anda pun dapat memegang kendali tempo permainan. Namun, penting untuk mengonsumsi cairan yang cukup guna mencegah dehidrasi.

Itulah 5 olahraga yang baik untuk penderita asma. Jadi, jangan takut lelah. Tetap aktif dan taat nasihat dokter dapat mengurangi frekuensi kambuhnya asma. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY