Lima Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

SehatFresh.com – Kehamilan bukanlah suatu alasan bagi ibu hamil untuk tidak berolahraga. Namun sebelum melakukannya, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan termasuk untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Namun tidak semua jenis olahraga baik dilakukan oleh ibu hamil. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan aktifitas berat. Maka dari itu, ibu hamil harus pintar memilih olahraga yang baik untuk ibu dan calon bayinya. Olahraga saat hamil dapat meminimalisir keluhan saat kehamilan serta mempermudah proses persalinan.

Berikut adalah 5 olahraga yang aman dilakukan saat masa–masa kehamilan untuk membantu para ibu hamil agar tetap bugar.

  1. Jalan kaki
    Jalan kaki adalah olahraga yang paling dan aman untuk dilakukan di masa kehamilan. Sekedar berjalan kaki di sore hari bisa menjadi aktifitas sederhana namun memberi manfaat besar. Rajin berjalan kaki dapat melatih jantung janin agar lebih sehat, memperlancar peredaran darah, dan membantu penurunan kepala bayi sehingga proses persalinan dapat berjalan lebih mudah. Berjalan kaki 30 menit setidaknya 3 kali dalam seminggu merupakan rutinitas yang baik bagi ibu hamil untuk memperlancar proses persalinan nantinya.
  2. Yoga
    Yoga merupakan latihan pernapasan yang baik untuk kehamilan. Gerakan prenatal dalam yoga dirancang khusus untuk melatih otot rahim dan panggul guna menunjang perkembangan janin serta mempersiapkan tubuh menghadapi proses persalinan. Selain itu, gerakan prenatal pada yoga dapat membantu melancarkan pencernaan dan sistem sirkulasi dalam tubuh. Dengan yoga, rasa nyeri yang biasa dirasakan saat kehamilan diyakini akan berkurang serta membuat suasana hati ibu juga lebih stabil.
  3. Pilates
    Gerakan pilates sangat menekankan pada fleksibilitas, ketahanan otot, dan keseimbangan. Latihan pilates dapat memperkuat otot–otot perut dan panggul yang berperan penting saat proses melahirkan. Gerakan tersebut dapat mengurangi sakit pada otot perut, sakit pada punggung, serta melancarkan proses persalinan. Jika ibu tertarik pada olahraga ini, carilah instruktur pilates yang benar–benar berpengalaman dan menguasai gerakan untuk ibu hamil.
  4. Berenang
    Berenang akan membantu wanita hamil mendapat beberapa manfaat yang baik seperti melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi jantung dan paru–paru, mengurangi pembengkakan saat hamil dan yang lebih penting berenang dapat memperkuat otot–otot rahim dan panggul lebih kuat sehingga mempermudah saat bersalin. Banyak ibu hamil memilih olahraga renang karena tubuh menjadi terasa lebih ringan. Berenang bisa dilakukan saat kandungan menginjak trimester pertama sampai ketiga. Tapi, saat kehamilan menginjak usia 7 bulan, ibu harus lebih berhati–hati karena keseimbangan tubuh semakin berkurang.
  5. Sepeda statis
    Bersepeda dalam ruangan dengan sepeda statis baik dilakukan oleh ibu hamil. Ketika melakukan olahraga ini, kemungkinan untuk terjadi cedera minim sekali. Olahraga dengan menggunakan sepeda statis sebaiknya dilakukan ketika minimal usia kandungan telah beranjak 16 minggu. Karena pada usia tersebut, plasenta telah terbentuk dengan sempurna.

Sumber gambar : www.mendetail.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY