Lima Penyebab Bau Mulut

SehatFresh.com – Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya bau mulut. Bau ini bisa berasal dari mulut, gigi, atau sebagai akibat dari masalah kesehatan yang mendasarinya. Inilah lima penyebabnya :

  1. Kebersihan gigi yang buruk

Bakteri memecah partikel makanan yang terjebak di gigi atau mulut. Kombinasi dari bakteri dan pembusukan sisa makanan di dalam mulut adalah yang menyebabkan bau mulut. Menyikat gigi dan flossing (pembersihan dengan benang gigi) secara teratur dapat menghilangkan sisa makanan dalam mulut. Bau mulut juga bisa muncul jika Anda memakai gigi palsu dan tidak membersihkannya setiap hari.

  1. Makanan dan minuman

Ketika mengonsumsi bawang, bawang putih, atau makanan lainnya yang berbau kuat, minyak dari makanan tersebut diserap ke dalam perut selama proses pencernaan. Minyak kemudian masuk ke dalam aliran darah, mengalir ke paru-paru, dan menyisakan bau napas hingga 72 jam. Minum minuman dengan bau yang kuat seperti kopi, juga dapat menyebabkan bau mulut.

  1. Merokok

Merokok menyebabkan bau yang tidak sedap dan membuat mulut cenderung kering, ini bisa membuat bau mulut menjadi lebih buruk.

  1. Mulut kering

Mulut kering menandakan air liur yang tidak memadai. Air liur membantu menjaga kebersihan mulut dan mengurangi bau. Mulut kering bisa muncul jika Anda memiliki kondisi terkait kelenjar air ludah, tidur dengan mulut terbuka, atau mengambil obat-obatan tertentu seperti obat tekanan darah tinggi dan obat untuk mengobati kondisi kemih.

  1. Penyakit

Penyakit periodontal terjadi ketika plak tidak segera dihilangkan dari gigi. Seiring waktu, plak mengeras menjadi karang gigi. Karang gigi tidak bisa hilang hanya dengan menyikat, dan menyebabkan munculnya bukaan kecil yang terbentuk di area antara gigi dan gusi. Makanan, bakteri, dan plak gigi bisa berkumpul dalam bukaan tersebut, dan menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Bau mulut juga bisa muncul akibat infeksi sinus, post nasal drip, bronkitis kronis, atau infeksi pada sistem pernapasan atas atau bawah. Batu amandel juga bisa menjadi sumber bau mulut karena bakteri cenderung bersarang pada batu tersebut. Bau mulut juga telah dikaitkan sebagai gejala beberapa penyakit lainnya seperti penyakit ginjal, diabetes, dan gastroesophageal reflex disorder (GERD).

Jika bau mulut disebabkan plak, pembersihan gigi secara tepat dapat menjadi solusinya. Minum banyak air putih dapat mengatasi masalah bau mulut karena mulut kering. Jika karena penyakit, mengobati masalah medis yang mendasari dapat memperbaiki masalah.

Bagaimana mencegah bau mulut?

  • Menyikat gigisetidaknya dua kali sehari
  • Flossingsetiap hari
  • Menyikat juga lidahuntuk menghilangkan bakteri
  • Banyak minumair putih untukmembasuhpartikel makanandanmenjaga kesehatan mulut
  • Berhenti merokok
  • Mengganti sikat gigisetiap tigabulan
  • Jika memakai gigi palsu, pastikan kebersihannya selalu terjaga
  • Menjadwalkanpembersihangigidan pemeriksaan gigi rutin setiap enambulan

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY