Lima Penyebab Gigi Kuning

SehatFresh.com – Gigi yang putih tentunya menambah kepercayaan diri seseorang ketika tersenyum. Gigi kuning umumnya dianggap kurang menarik dibandingkan gigi lebih putih. Walau sudah sikat gigi setiap hari, masih banyak juga orang yang mengalami masalah gigi kuning. Untuk itu, perlu diketahui penyebabnya. Ada berbagai hal yang menyebabkan gigi menjadi kuning, yaitu :

  1. Makanan dan minuman

Makanan atau minuman berwarna gelap dan rempah-rempah bisa menodai gigi, yang pada gilirannya membuat gigi menguning. Minuman dan makanan yang menodai gigi termasuk kopi, teh, kari, kunyit dan buah berwarna gelap. Untungnya, ada beberapa cara untuk mencegah pewarnaan kuning yang berlebihan pada gigi, yaitu minum minuman gelap dengan sedotan, minum air putih setelah mengonsumsi makanan dan minuman berpigmen gelap dan menyikat gigi secara teratur.

  1. Merokok

Gigi bisa menguning akibat penipisan lapisan luar enamel putih. Merokok adalah penyebab umumnya. Akibatnya, gigi berubah menjadi kuning, cokelat atau hitam. Sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan dalam isu “BMC Public Health”, pada Agustus 2008, melaporkan bahwa dari 3.384 orang dewasa yang terlibat, 28 persen perokok mengalami perubahan warna gigi yang cukup parah, dibandingkan dengan 15 persen orang dewasa yang tidak merokok.

  1. Penipisan enamel gigi

Sejumlah makanan dan minuman bersifat asam. Ketika dikonsumsi, makanan dan minuman tersebut dapat menghasilkan efek abrasif pada permukaan enamel luar gigi, sehingga menyebabkan gigi menguning. Beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan erosi enamel gigi dan gigi kuning termasuk cola, jus jeruk, sport drink, limun, cranberry, tomat, pemanis buatan dan minuman beralkohol. Penyakit yang mengakibatkan muntah berlebihan berkontribusi terhadap keasaman di mulut dan sering menyebabkan gigi kuning.

  1. Perawatan ortodontik

Beberapa perawatan ortodontik dapat menyebabkan gigi kuning. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “American Journal of Orthodontics” edisi Juli 2013, menjelaskan tentang sebuah studi yang diikuti 34 peserta yang menerima perawatan ortodontik. Pengukuran warna mendokumentasikan penguningan gigi yang signifikan dengan menggunakan perawatan ortodontik dan sealant digunakan untuk mengikat perlengkapan ortodontik. Beberapa sealant yang digunakan dalam perawatan perawatan gigi dapat menyebabkan dekalsifikasi, yang dapat berkontribusi terhadap gigi kuning.

  1. Obat dan penyakit

Tingginya kadar paparan fluoride pada anak usia dini dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Obat-obatan seperti tetrasiklin dan amoksisilin dapat menyebabkan gigi kuning terkait efek sistemiknya terutama pada anak-anak. Selain itu, kondisi kesehatan yang memengaruhi fungsi hati mengakibatkan tingginya kadar bilirubin, yaitu zat hasil pemecahan yang dapat menyebabkan perubahan warna kuning pada kulit dan gigi.

Secara sederhana, gigi kuning juga dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup. Menyikat gigi, flossing, menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan gigi kuning dan tidak merokok dapat menjadi solusi masalah gigi ini. Jika ternyata perubahan gaya hidup tersebut tidak berhasil, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter gigi.

Sumber gambar : dryfriedwings.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY