Lima Penyebab Jerawat Kista

SehatFresh.com – Jerawat merupakan kondisi kulit yang dialami banyak orang. Jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, bakteri atau sel kulit mati. Jerawat yang muncul bervariasi tergantung pada kedalaman sumbatan minyak. Penyumbatan yang sangat dalam menyebabkan terbentuknya jerawat merah, bernanah dan menyakitkan yang disebut jerawat kista (cystic acne).

Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya jerawat kista, yaitu:

  1. Faktor hormonal

Pada kulit yang sehat, hormon diatur melalui tubuh dengan mudah, diproses oleh hati, dimanfaatkan secara efektif, kemudian dihilangkan jika tidak digunakan. Perubahan hormonal dapat merangsang produksi minyak menjadi lebih banyak sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Efek dari hormon wanita dapat menyebabkan jerawat kista. Fluktuasi hormon karena kehamilan, penggunaan kontrasepsi dan siklus menstruasi dapat berkontribusi untuk masalah ini.

  1. Makanan

Diet sehat mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, makanan rendah lemak dan tercukupinya kebutuhan air minum. Makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari dapat memengaruhi kondisi kulit. Terlalu banyak asupan makanan berlemak dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat kista.

  1. Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat bila dipakai terus menerus dapat menimbulkan jerawat kista. Pada kulit yang berminyak dan berjerawat, penggunaan kosmetik berbahan dasar minyak tidaklah tepat karena bisa semakin membuat kulit semakin berminyak sehingga pori-pori semakin tersumbat, dan akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat yang lebih parah.

  1. Kebersihan yang buruk

Malas cuci muka setelah bepergian bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Kosmetik atau kotoran yang masih menempel pada kulit dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat dan bisa memperburuk kondisi jerawat sebelumnya.

  1. Tekanan emosional

Kecemasan dan stres dapat mempengaruhi tingkat hormon seperti kortisol dan adrenalin yang akibatnya dapat memperburuk kondisi jerawat yang telah ada.

Jerawat kista biasanya selalu muncul di area kulit yang sama dan dapat mengubah struktur kulit sehingga tidak dianjurkan mengobatinya sendiri. Maka dari itu, jangan meremas dan memencet jerawat karena hal tersebut hanya akan mengakibatkan infeksi lebih dalam dan luas, sehingga menyebabkan peradangan kulit berkepanjangan dan menimbulkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Beberapa orang memilih cara yang lebih alami untuk memerangi jerawat kista. Mengonsumsi makanan utuh yang terdiri dari makanan alami yang belum diproses secara kimia dipercaya dapat membantu masalah jerawat membandel ini. Yoga atau teknik relaksasi juga dapat dilakukan untuk mengurangi stres dengan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Namun, perawatan apa pun yang ingin Anda lakukan, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter guna mencegah terjadinya kerusakan kulit yang lebih lanjut.

Sumber gambar : betterlifewithmci.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY