Lima Penyebab Kekurangan Energi Pada Pria

SehatFresh.com – Setiap orang terkadang mengalami fase energi yang rendah. Hal ini sejatinya wajar. Namun, Anda perlu berhati-hati dan memahami betul kondisi tubuh Anda. Kelelahan baik secara fisik atau mental yang berkepanjangan dan tingkat energi rendah yang kronis bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius.

Pada pria, ada beberapa alasan yang mengakibatkan kelelahan selama lebih dari beberapa minggu pada suatu waktu, yaitu :

  1. Testosteron rendah
    Pria akan mengalami penurunan produksi hormon testosteron seiring dengan bertambahnya usia mereka. Testosteron ini berperan dalam mempertahankan kepadatan tulang dan massa otot serta dorongan seks. Penurunan kadar testosteron yang signifikan dapat mengakibatkan berkurangnya gairah seks, meningkatkan lemak tubuh, penurunan motivasi, dan masalah tidur seperti insomnia. Tingkat energi rendah yang kronis serta kelelahan mental dan fisik dapat menyertai gejala-gejala yang berkaitan dengan kadar testosterone rendah.
  2. Masalah tiroid
    Hipotiroidisme, atau rendahnya tingkat hormon tiroid, juga dapat mengakibatkan kurangnya energi tubuh. Kondisi ini mungkin disebabkan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid. Masalah ini lebih sering terjadi pada wanita, namun juga dapat terjadi pada pria dan menjadi parah jika gejala awal diabaikan. Di samping itu, rendahnya tingkat hormon tiroid dapat menyebabkan rendahnya tingkat testosteron, yang berarti keduanya saling berkaitan sehingga memperbesar kemungkinan penderitanya mengalami kelelahan.
  3. Kualitas tidur yang buruk
    Kelelahan juga bisa terjadi akibat kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk. Anda mungkin merasa lelah jika Anda tidak memiliki kebiasaan tidur yang baik, bekerja di malam hari dan tidur di siang hari, atau bahkan begadang semalaman untuk menyelesaikan pekerjaan.
  4. Depresi
    Bila Anda merasa begitu letih sehingga tidak memiliki cukup energi untuk menyelesaikan tugas sehari-hari, hal tersebut mungkin menjadi tanda bahwa Anda mengembangkan gejala depresi. Menurut penelitian, orang yang mengalami depresi empat kali lebih mungkin untuk mengalami kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, dan orang yang menderita kelelahan hampir tiga kali lebih mungkin untuk mengalami depresi.
    Depresi adalah kondisi psikologis yang dapat menyerang siapa saja. The National Institute of Mental Health melaporkan bahwa enam juta orang mengalami depresi setiap tahun. Akan sangat berbahaya jika gejala depresi diabaikan. Pasalnya, depresi parah yang tidak diobati dapat mengakibatkan penderitanya menyakiti diri atau bahkan bunuh diri.
  5. Kekurangan zat besi
    Anemia defisiensi besi dan bentuk lain dari anemia biasanya lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Namun, ini adalah penyebab dari energi rendah kronis dan kelelahan. Kadar zat besi rendah pada pria bisa terjadi akibat diet vegetarian atau sering donor darah. Gejala anemia efisiensi zat besi termasuk kelelahan ekstrim, kulit pucat, sesak napas, sakit kepala, pusing, serta kesemutan di tangan dan kaki. Bentuk lain dari anemia dapat memicu kekurangan vitamin seperti rendahnya tingkat vitamin B12.

Sumber gambar : smsrsd-infopenting.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY