Lima Penyebab Munculnya Kantung Mata

SehatFresh.com – Munculnya kantung mata tentunya dapat mengganggu penampilan karena membuat wajah terlihat lelah dan lebih tua. Secara alami, penuaan dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan kantung mata muncul akibat pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan di sekitar mata.

Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan munculnya kantung mata :

  1. Gaya hidup tidak sehat

Munculnya kantung mata umumnya dikaitkan dengan kurangnya waktu tidur. Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bagian bawah mata melebar sehingga menimbulkan warna gelap. Gaya hidup yang tidak sehat, asupan nutrisi yang tidak tercukupi, minum minuman beralkohol, terlalu banyak minum kopi, merokok, dan kurang olahraga bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna di bawah mata.

  1. Stres

Kondisi emosional dapat tercermin pada wajah. Stres yang disebabkan oleh pekerjaan, tuntutan keluarga dan tanggung jawab keuangan mungkin secara fisik diekspresikan dalam bentuk jerawat, penurunan atau peningkatan berat badan dan kantung di bawah mata.

  1. Alergi

Pada penderita rinitis alergi, bisa terjadi peradangan di hidung terkait reaksi alergi akibatnya. Gejala yang timbul meliputi bersin-bersin dan mata berair, terkadang juga diiringi dengan timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

  1. Penuaan

Seiring pertambahan usia, kulit kehilangan cadangan kolagen dan lemak  sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat lebih cekung. Pasalnya, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit juga akan mulai mengendur sehingga cairan akan mulai terakumulasi di bagian bawah mata. Selain itu, lemak yang berada di sekitar mata juga akan bergerak ke area sekitar bawah mata sehingga terlihat bengkak dan muncul kantung mata.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah alasan lain dibalik munculnya kantung mata. Ketika tubuh tidak memiliki jumlah air yang memadai, gejalanya dapat terlihat pada area tertentu, termasuk di area sekitar mata. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya delapan gelas air ditambah konsumsi buah dan sayuran segar setiap hari.

Timbulnya kantung mata dapat dicegah dan dihambat diantaranya dengan tidur sekitar delapan jam sehari. Anda juga disarankan untuk minum air putih yang cukup, setidaknya delapan gelas sehari. Hindari juga makanan dan minuman yang mengandung kafein dan kadar alkohol tinggi. Tingkatkanlah konsumsi buah dan sayuran. Intinya, upaya pencegahan yang paling baik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat agar kesehatan tubuh selalu terjaga termasuk kulit sekitar area mata.

Sumber gambar : kicantik.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY