Lima Penyebab Nyeri Punggung

0
122

SehatFresh.com – Nyeri punggung adalah salah satu kondisi umum yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejalanya bisa berupa rasa sakit yang datang dan pergi, sendi menjadi kaku, tegang atau sulit digerakkan. Nyeri punggung ini tidak  bisa dianggap remeh begitu saja, karena bisa jadi kondisi tersebut menjadi gejala-gejala awal tubuh mulai terserang penyakit.

Sakit punggung merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang. Bahkan orang sehat dapat mengalami ketidaknyamanan ini dalam kehidupan sehari-hari. Postur tubuh yang jelek merupakan faktor risiko yang membuat perempuan lebih rentan mengalami nyeri punggung. Nyeri punggung dapat dipicu postur tubuh yang salah saat duduk, berdiri, membungkuk, atau efek mengangkat benda yang berat. Berikut adalah beberapa kebiasaan wanita yang dengan atau tanpa disadari dapat memicu nyeri punggung:

  1. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama di depan layar komputer saat bekerja bisa mengganggu postur tubuh yang pada akhirnya menyebabkan nyeri pada otot punggung. Duduk terlalu lama juga menempatkan 50 persen beban tubuh pada tulang belakang. Apabila pekerjaan menuntut Anda untuk duduk dalam waktu yang lama, pastikan posisinya benar, tidak terlalu tegak dan tidak terlalu membungkuk. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk, sebaiknya Anda memilih kursi ergonomis yang didesain untuk mempertahankan posisi duduk agar tetap tegak.

  1. Penggunaan high heel

Memakai sepatu high heel mungkin bisa menunjang penampilan wanita. Namun dibalik itu, penggunaan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi berpotensi menyebabkan nyeri punggung dan menempatkan tekanan berlebih pada lutut dan tumit. Sandal tanpa penyangga belakang juga bisa membuat kaki keluar dari area sandal sehingga berat tubuh tidak seimbang.

  1. Menggunakan bra yang ketat

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan bra yang tidak sesuai dapat menyebabkan beberapa masalah otot. Jika Anda menggunakan bra yang terlalu ketat atau tidak pas pada tulang dada, hal tersebut dapat meningkatkan risiko sakit punggung dan bahu serta mengganggu pernapasan

  1. Menggendong tas berat

Kebiasaan membawa tas dengan beban yang berat bisa mempengaruhi kondisi punggung dan membuat tubuh menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, usahakanlah untuk tidak membawa barang yang terlalu berat. Beban ideal yang aman untuk dibawa adalah 10 persen dari bobot tubuh Anda.

  1. Sering makan junk food

Makanan cepat saji atau junk food memiliki kandungan kalori yang tinggi tapi nutrisinya sangat rendah dan bisa menyebabkan kegemukan. Bobot tubuh yang bertambah biasanya akan menumpuk pada area punggung. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan pinggul jadi maju ke depan dan menekan tulang belakang.

Sebelum nyeri punggung atau nyeri punggung menyebabkan bahaya yang lebih parah untuk kesehatan, ketahui terlebih dahulu aktivitas atau kebiasaan buruk apa saja yang dapat memicu timbulnya nyeri punggung tersebut. Mencegah tentunya akan lebih baik daripada mengobati.

Sumber gambar : polahidupsehat.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY