Lima Penyebab Payudara Kecil

SehatFresh.com – Sejatinya, wajar bila ukuran payudara setiap wanita berbeda-beda. Namun, terlihat sedikit aneh ketika wanita memiliki dada rata atau payudara yang sangat kecil. Perkembangan payudara dalam keadaan normal mencapai tahap akhir pada usia sekitar 6-17 tahun. Pada usia ini, payudara sudah sama dengan perempuan dewasa. Ukuran payudara akan membesar bila bertambah gemuk atau dalam keadaan hamil. Namun, beberapa wanita ada yang memiliki payudara yang kecil atau bahkan tampak rata. Selama bertahun-tahun, studi klinis telah mengidentifikasi beberapa alasan khusus mengapa payudara wanita bisa kurang berkembang. Ini dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya :

  1. Faktor genetik

Seorang wanita mungkin memiliki payudara terlalu kecil karena hipoplasia payudara. Istilah ini mengacu pada kurang berkembangnya payudara karena penyebab genetik yang tidak berkaitan dengan penyebab klinis. Wanita yang menderita sindrom Turner tidak memiliki sepasang kromosom X normal. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami sejumlah gejala. Salah satu yang paling menonjol di antara mereka adalah payudara yang sangat kurang berkembang.

  1. Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin atau mineral bisa menyebabkan payudara kurang berkembang. Kekurangan nutrisi bisa terjadi karena menstruasi yang berat selama masa remaja, ledakan pertumbuhan yang tiba-tiba, terlalu banyak konsumsi makanan cepat saji dan sebagainya. Dalam kasus seperti ini, tubuh wanita cenderung mulai mendistribusikan nutrisi untuk menangani masalah yang lebih serius yang terjadi di tubuhnya daripada berkonsentrasi pada payudara. Ini pada gilirannya mengakibatkan pertumbuhan payudara yang tidak optimal.

  1. Ketidakseimbangan hormon

Ketika ketidakseimbangan hormon menjadi alasan payudara wanita kurang berkembang, wanita tersebut mungkin mengalami kekurangan hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan payudara atau memiliki kadar hormon berlebih yang menghambat pertumbuhan payudara. Keduanya juga dapat terjadi bersamaan dan membuat masalah semakin buruk. Ketidakseimbangan juga biasanya menyebabkan terjadinya beberapa gejala menonjol lainnya seperti hirsutisme (pertumbuhan rambut berlebihan di tubuh dan wajah) dan jerawat.

  1. Masalah emosional

Masalah emosional juga berpotensi menghambat pertumbuhan payudara. Pada beberapa wanita muda, depresi berat atau memendam rasa sakit hati yang luar biasa dalam pikiran bisa menghambat pertumbuhan payudara normal.

  1. Penurunan berat badan

Wanita yang menderita gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia seringkali memiliki payudara yang kurang berkembang. Penurunan berat badan yang berlebihan, terlepas dari apakah itu disengaja atau tidak disengaja, bisa menyebabkan penyusutan jaringan payudara. Untungnya, masalah dapat ditangani dengan mengikuti rencana diet sehat dan melakukan latihan tertentu, jika penyebabnya memang demikian.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY