Lima Porsi Buah Dan Sayur Setiap Hari

SehatFresh.com – Pola makan yang baik adalah pola makan dengan gizi seimbang. Selain makanan pokok, seperti nasi dan lauk pauk, kita juga perlu melengkapinya dengan konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber makanan kaya serat yang diperlukan tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan. Oleh karenanya, para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serat 15-35 gram setiap harinya serta kebutuhan vitamin dan mineral lainnya.

Satu porsi buah dan sayur itu tidak banyak. Untuk sayur, satu porsi setara dengan semangkuk ukuran sedang. Untuk buah ukuran sedang seperti apel dan pir, satu porsi sama dengan satu buah. Untuk buah yang berukuran kecil seperti anggur dan stroberi, satu porsi setara dengan 10 butir. Sedangkan untuk buah besar seperti melon dan semangka, satu potong ukuran sedang sudah setara dengan satu porsi.

Asupan sayur dianjurkan sebesar 3-5 porsi sedangkan buah 2-3 porsi setiap harinya. Selain porsi, hal lain yang juga perlu dipertimbangkan dalam mengonsumsi buah dan sayur adalah warna Keberagaman warna atau warna pelangi menunjukkan  senyawa fitokimia tertentu dengan manfaat yang berbeda-beda. Pasalnya, tidak ada satu jenis sayur atau buah mana pun yang memiliki kandungan gizi sempurna.

Makanan berwarna merah mengandung likopen (seperti tomat dan semangka), menjaga kesehatan sel serta mencegah kanker kanker. Sayuran hijau mengandung zat klorofil yang membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Buah dan sayur yang memiliki warna kuning dan jingga seperti wortel dan labu mengandung beta karoten yang membantu menjaga kesehatan mata. Sebagian besar makanan yang berwarna putih seperti jamur dan lobak putih mengandung vitamin D, kalsium, dan fosfor. Makanan berwarna ungu seperti blueberry dan ubi ungu mengandung antosianin yang membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Begitu banyak manfaat buah dan sayur untuk kesehatan terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin, mineral, antioksidan, air dan enzim serta sumber serat, yang semuanya akan bersinergi dalam menunjang kesehatan tubuh yang prima. Konsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap hari disertai dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, gula, garam, serta rutin melakukan fisik, membantu meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Sumber gambar : www.bekasiurbancity.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY