Lima Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

SehatFresh.com – Vitamin C adalah nutrisi yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal. Kekurangan vitamin C telah dikaitkan dengan berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Pasalnya, vitamin C merupakan vitamin yang juga menjadi penyumbang terbesar dalam memberikan dan mengoptimalkan sistem daya tahan tubuh. Bila sistem imun lemah, maka Anda semakin berisiko terhadap anemia terkait dengan kurangnya kadar vitamin C dalam tubuh. Penyakit lain yang dikaitkan dengan kekurangan vitamin C adalah penyakit kudis. Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan kolagen sebagai akibat rendahnya kadar vitamin C. Para peneliti juga telah mempelajari keterkaitan antara kekurangan vitamin C dengan masalah kesehatan lainnya.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tubuh kekurangan asupan vitamin C, yaitu :

  1. Kelelahan
    Tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat karnitin. Karnitin ini berperan dalam proses pengangkutan asam lemak melintasi membran dalam struktur selular yang bertanggung jawab untuk memproduksi energi. Kelelahan mungkin dihasilkan dari gangguan dalam biosintesis karnitin. Gejala awalnya ditandai dengan malaise, yaitu ketidaknyamanan tubuh atau kegelisahan
  2. Gusi berdarah
    Vitamin C membantu membentuk protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki pembuluh darah. Kekurangan vitamin C melemahkan pembuluh darah dan jaringan ikat. Tanda-tanda penting dari kekurangan vitamin C muncul dalam mulut sebagai gusi berdarah dan peradangan pada gusi. Untuk mencegah itu terjadi, The Institute of Medicine merekomendasikan asupan harian 75 miligram vitamin C untuk wanita dewasa usia 19 dan lebih tua. IOM merekomendasikan bahwa orang dewasa laki-laki usia 19 dan lebih tua untuk mendapatkan asupan 90 miligram vitamin C per hari.
  3. Kulit kasar dan kering
    Ketika tubuh kekurangan vitamin C, kulit mungkin menjadi kasar, coklat, bersisik dan kering. Hal ini terjadi akibat adanya gangguan sintesis pada prekursor yang menghambat pembentukan kolagen,
  4. Penyembuhan luka yang lama
    Vitamin C ternyata memiliki peran yang penting dalam mementuk kolagen. Kolagen ini merupakan salah satu zat yang dapat membantu penyembuhan luka pada seseorang. Ketika tubuh kekurangan asupan vitamin C, maka kolagen menjadi sulit terbentuk. Hal ini mengakibatkan penyembuhan luka menjadi lebih lama dan membuat Anda rentan terkena infeksi.
  5. Perubahan psikologis
    Orang yang kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan suasana hati yang berubah-ubah, gampang emosi dan mudah marah. Bahkan, berbagai perubahan psikologis termasuk histeria, hipokondria dan depresi juga bisa terjadi akibat kekurangan vitamin C yang parah.

Kekurangan vitamin C dapat diatasi dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C atau suplemen atas saran dokter. Meski suplemen vitamin C pada umumnya tidak diketahui memiliki efek samping yang berbahaya, namun pada konsumsi yang sangat tinggi dapat menyebabkan mual serta gangguan pencernaan. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala kekurangan vitamin C di atas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar diketahui penyebab pastinya. Selain karena kurangnya asupan nutrisi, kekurangan vitamin C juga bisa disebabkan kondisi medis lain yang mendasarinya.

Sumber gambar : ayysa.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY