Lima Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dewasa ini semakin berkembang, ternyata menimbulkan dampak bagi remaja. Salah satunya semakin hari, semakin bertambah remaja yang kecanduan gadget. Lantas bagaimana cara mengatasi remaja yang kecanduan gadget?

Dampak positif dan negatif gadget

Sebenarnya gadget memiliki dampak positif dalam menambah wawasan dan pengetahuan remaja. Perkembangan gadget yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi, bisa dimanfaatkan remaja untuk mengakses internet atau pun mengirim berkas seperti file atau foto dengan instan.

Namun dampak negatif juga mengancam, yakni remaja menjadi kecanduan gadget. Kecanduan gadget bisa membuat remaja cenderung anti sosial. Dampak buruk lainnya yang bisa muncul adalah sulit konsentrasi, memicu kejahatan seksual, memicu kriminalitas, serta memicu penyakit yang muncul karena terlalu sering berinteraksi dengan gadget.

Apa saja ciri-ciri remaja yang terjangkit kecanduan gadget?

  1. Remaja menjadi lupa waktu. Remaja yang kecanduan gadget bisa saja lupa tidur, lupa makan, lupa belajar, hingga lupa melaksanakan tanggung jawab di sekolah atau pun rumah.
  2. Remaja jadi sulit berkonsentrasi. Rasa kecanduan membuat remaja jadi gelisah, cepat bosan, bahkan mudah marah apabila dipisahkan dari gadget.
  3. Remaja hanya senang ketika di depan gadget. Aktivitas bermain gadget bisa dianggap sebagai aktivitas yang paling menyenangkan. Hal itulah yang membuat remaja semakin hari semakin kecanduan gadget.
  4. Remaja menjadi antisosial. Bermain gadget dianggap lebih menyenangkan bagi remaja yang kecanduan dari pada berkumpul, bersosialisasi, atau bermain dengan teman sebayanya.
  5. Remaja jadi sering berbohong. Remaja yang kecanduan gadget akan melakukan berbagai cara, ketika keinginannya menemui halangan. Salah satunya adalah berbohong agar dapat bermain gadget lagi.
  6. Remaja mengalami gangguan kesehatan. gangguan kesehatan yang sering dialami remaja yang kecanduan gadget adalah mata memerah. Hal itu terjadi karena remaja tersebut telalu lama di depan layar gadget.

Lima tips mengatasi remaja yang kecanduan gadget

  1. Remaja perlu diberi pengetahuan tentang bahaya gadget. Orangtua atau guru perlu membekali remaja mengenai pengetahuan bahaya gadget. Hal tersebut cukup efektif dalam mengurangi aktivitas remaja dalam menggunakan gadget sehari-sehari.
  2. Remaja perlu dibatasi dalam penggunaan gadget. Orangtua perlu membatasi waktu penggunaan gadget dalam 1 hari. Tindakan disiplin kepada anak akan berdampak positif bagi perkembangan psikologisnya. Tidak ketinggalan sanksi yang tegas harus diberikan, apabila anak melanggar ketentuan yang telah ditetapkan orangtua.
  3. Perlu memberi password pada gadget. Pemberian password juga dinggap efektif dalam mengurangi aktivitas remaja dengan gadget. Orangtua tinggal mengatur waktu bagi aktivitas anak dalam penggunaan gadget setiap hari.
  4. Biasakan untuk meluangkan waktu bermain dengan anak. Kecanduan gadget sebenarnya menjadi dampak karena anak kurang mendapatkan waktu bermain bersama orangtua. Kesibukan pada dunia kerja membuat orangtua sedikit memiliki waktu berkumpul, berbincang, hingga bercanda dengan anak. Oleh karena itu perlu meluangkan waktu untuk berkumpul, sehingga anak akan melupakan gadget.
  5. Remaja jangan dibiasakan memanfaatkan Internet untuk mencari hiburan. Situasi ini bisa membuat remaja akan terus mencari hiburan melalui internet yang ada di gadgetnya. Pemanfaatan internet perlu dibatasi, khusus untuk kebutuhan belajar. Dengan demikian pemanfaatan gadget pada remaja harus selalu dikontrol. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here