LIMPA PECAH

DEFINISI

Limpa pecah adalah suatu keadaan darurat medis yang terjadi ketika limpa pecah di permukaannya. Limpa Anda, terletak tepat di bawah tulang rusuk di sebelah kiri Anda, membantu tubuh melawan infeksi dan menyaring sel-sel darah yang tua dari aliran darah Anda.

Limpa pecah umumnya disebabkan oleh pukulan yang kuat ke perut Anda selama kecelakaan olahraga, perkelahian atau kecelakaan mobil. Tanpa perawatan darurat, limpa pecah dapat menyebabkan mengancam kehidupan pendarahan internal. Meskipun limpa pecah memerlukan operasi darurat, beberapa orang dengan limpa pecah dapat diobati dengan beberapa hari perawatan rumah sakit.

GEJALA

Tanda dan gejala limpa pecah meliputi :

  • Rasa sakit di bagian kiri atas perut
  • Kelembutan ketika Anda menyentuh bagian kiri atas perut
  • Kepala ringan
  • Kebingungan

Kapan Anda harus menemui dokter

Limpa pecah adalah suatu keadaan darurat medis. Setelah cedera, jika Anda memiliki sakit di perut bagian atas kiri atau tanda-tanda dan gejala yang menunjukkan pendarahan internal seperti kepala terasa ringan, kebingungan, penglihatan kabur atau pingsan, segera mencari perawatan medis darurat.

PENYEBAB

Limpa mungkin pecah karena :

  • Cedera ke sisi kiri tubuh. Limpa pecah ini biasanya disebabkan oleh pukulan ke perut bagian atas kiri atau dada kiri lebih rendah, seperti yang mungkin terjadi selama kecelakaan olahraga, perkelahian dan kecelakaan mobil. Limpa yang terluka mungkin pecah segera setelah trauma perut atau, dalam beberapa kasus, beberapahari atau bahkan berminggu-minggu setelah cedera.
  • Pembesaran limpa. Limpa Anda dapat diperbesar ketika sel-sel darah menumpuk di limpa. Pembesaran limpa dapat disebabkan oleh berbagai masalah yang mendasari, seperti mononucleosis dan infeksi, penyakit hati, dan kanker darah.

KOMPLIKASI

Pecah limpa dapat menyebabkan perdarahan yang mengancam kehidupan ke dalam rongga perut Anda.

TES DAN DIAGNOSIS

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosa limpa pecah meliputi :

  • Pemeriksaan fisik. Dokter akan menggunakan tangannya untuk menempatkan tekanan pada perut Anda untuk menentukan ukuran limpa Anda dan apakah Anda mengalami nyeri perut lainya.
  • Menggambar cairan dari perut Anda. Dokter Anda mungkin menggunakan jarum untuk menarik sampel dari cairan dari perut Anda. Jika sampel mengungkapkan darah dalam perut Anda, Anda dapat dirujuk untuk perawatan darurat.
  • Tes pencitraan perut Anda. Jika diagnosis Anda tidak jelas, dokter Anda dapat merekomendasikan CT scan atau tes pencitraan perut lainnya untuk mengidentifikasi atau mengesampingkan kemungkinan penyebab lain gejala Anda.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Pengobatan untuk limpa pecah tergantung pada kondisi Anda. Beberapa orang dengan limpa pecah memerlukan operasi segera. Dalam situasi lain, limpa pecah dapat sembuh dengan istirahat.

Rawat inap sementara limpa disembuhkan

Banyak ukuran kecil dan banyak berukuran sedang cedera limpa dapat sembuh tanpa operasi. Anda cenderung untuk tinggal di rumah sakit sementara dokter mengamati kondisi Anda dan memberikan perawatan non-bedah, seperti transfusi darah, jika diperlukan. Dokter Anda dapat merekomendasikan periodik CT scan tindak lanjut untuk memastikan bahwa limpa Anda telah sembuh.

Operasi untuk memperbaiki atau menghapus limpa

Bedah untuk pecah limpa dapat mencakup :

  • Operasi untuk memperbaiki limpa. Dokter bedah Anda mungkin mampu memperbaiki pecah di limpa Anda dengan jahitan.
  • Operasi untuk mengangkat bagian limpa. Jika limpa pecah dengan cara yang memungkinkan untuk menghapus hanya sebagian darinya, dokter bedah Anda mungkin melakukan prosedur yang disebut (subtotal) Splenektomi parsial.
  • Operasi untuk menghapus limpa (Splenektomi). Anda tidak perlu limpa untuk bertahan hidup. Tetapi tanpa limpa Anda meningkatkan risiko infeksi serius. Dokter Anda dapat merekomendasikan cara-cara untuk mengurangi risiko infeksi.

Operasi untuk memperbaiki atau menghapus limpa biasanya dilakukan melalui beberapa sayatan kecil di perut (Bedah Laparoskopi). Alat bedah khusus dan lensa kamera dengan cahaya dimasukkan melalui sayatan. Kamera mengirimkan gambar ke monitor, yang ahli bedah perhatikan untuk memandu alat-alat bedah. Dalam situasi tertentu, ahli bedah dapat menggunakan sayatan lebar untuk mengakses limpa Anda.

PENCEGAHAN

Jika Anda telah didiagnosa dengan pembesaran limpa, tanyakan kepada dokter Anda Apakah Anda harus menghindari aktivitas yang dapat menyebabkan limpa pecah. Misalnya, orang dengan mononukleosis infeksi virus yang dapat menyebabkan pembesaran limpa, mungkin akan diminta untuk menghindari olahraga kontak dan kegiatan lain yang meningkatkan risiko trauma perut selama beberapa minggu. Melindungi limpa dari benjolan dan pukulan dapat mengurangi risiko limpa pecah.