Linea Nigra Garis Hitam pada Perut Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –¬†Akan banyak terjadi perubahan fisik pada wanita hamil, termasuk perubahan kulit. Para wanita hamil kerap mengeluhkan perubahan kulit selama kehamilan. Salah satunya kemunculan garis hitam di area perut. Ketika usia kehamilan menginjak trimester kedua sekitar usia lima bulan, jangan terkejut jika Anda melihat adanya garis vertikal berwarna coklat atau kehitaman dari pusar hingga tulang kemaluan.¬† Secara medis, kondisi ini sebagai linea nigra.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit juga terkena dampak perubahan kehamilan. Selain meregang karena perut dan payudara yang membesar, warna kulit juga cenderung lebih gelap. Kemunculan garis hitam di perut sendiri terjadi secara alamiah sehingga tidak membahayakan bagi ibu maupun janin. Awalnya, sebelum hamil garis tersebut sudah ada, namun berwarna putih. Kondisi ini disebut linea alba. Garis putih tersebut kemudian mulai menggelap dan semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Sejauh ini para ahli percaya bahwa linea nigra disebabkan oleh perubahan hormon yang menyertai kehamilan itu sendiri.

Diyakini hormon penyebabnya adalah estrogen hormon dan progesteron, di mana produksinya meningkat selama kehamilan untuk mendukung janin yang sedang berkembang. Estrogen dan progesteron merangsang sel-sel di kulit yang disebut melanosit agar memproduksi lebih banyak melanin. Peningkatan produksi melanin inilah yang membuat warna kulit cenderung lebih gelap selama kehamilan, termasuk area puting. Linea nigra dialami oleh kebanyakan wanita hamil, tapi pada beberapa hamil perubahan warna kulitnya tidak mencolok. Selain karena perubahan hormon, kurangnya asupan asam folat juga diduga berkontribusi terhadap munculnya linea nigra.

Linea nigra umumnya akan memudar sendiri setelah Anda melahirkan. Perlahan garis hitam di perut akan memudar dan kembali menjadi linea alba. Namun, kemunculan linea nigra dianggap menjadi kondisi yang membuat risih bagi beberapa wanita. Tidak ada cara pasti untuk mencegahnya atau mengatasi linea nigra. Menurut sejumlah ahli, mengonsumsi makanan kaya folat dapat mengurangi tingkat kegelapan linea nigra. Nutrisi ini tak hanya baik untuk kulit, tapi juga penting untuk perkembangan otak bayi dan mencegah cacat lahir.

Selain itu, penting juga untuk sebisa mungkin menghindari paparan sinar matahari secara langsung agar kulit tidak semakin gelap. Jika garis hitam di perut tak kunjung memudar setelah beberapa bulan janin dilahirkan, Anda bisa meminta bantuan dermatolog. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY