Maag Dikalangan Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sekitar 25 persen orang Indonesia terkena penyakit maag. Ini berarti 1 dari 4 orang terkena penyakit pada lambung ini. Maag biasanya diderita orang dewasa, tapi kini remaja pun banyak yang mengalaminya. Penyebab utama sakit maag pada remaja adalah karena salah pola makan dan waktu makan seperti makan berlebihan, makan terburu-buru dan makan lemak berlebihan. Pola makan sangat berkaitan dengan asam lambung. Asam lambung berfungsi mencerna makanan yang masuk ke lambung dengan jadwal teratur. Produksi asam lambung tetap terjadi meskipun kita sedang tidur. Pola makan yang tidak teratur membuat lambung sulit untuk beradaptasi. Jika ini berlangsung lama, produksi asam lambung akan menjadi berlebihan sehingga mengiritasi dinding mukosa pada lambung.

Remaja juga bisa terkena maag karena aktivitas yang padat dan juga karena stres. Biasanya remaja rentan mengalami sakit pada lambung saat menjelang ujian. Stres membuat asam lambung diproduksi lebih banyak daripada ketika lapar. Stres juga membuat daya tahan tubuh turun kemudian mengacaukan keseimbangan metabolisme. Stress akhirnya melemahkan dinding mukosa lambung, sehingga pada akhirnya mengakibatkan sakit maag.

Maag merupakan kumpulan dari beberapa gejala seperti nyeri di uluh hati, mual, muntah, lemas, perut kembung, dan cepat kenyang. Jenis makanan juga sangat memengaruhi keadaan lambung. Sekarang ini, banyak makanan yang menarik perhatian, tapi tapi belum tentu sehat, terutama makanan-makanan yang dijual di sekolah-sekolah. Terlalu banyak atau sering memakan makanan pedas atau berminyak juga bisa menimbulkan penyakit maag.

Seperti kebanyakan orang tahu, penyakit pencernaan seperti naiknya asam lambung atau sakit maag dapat terjadi kapan saja tetapi mungkin terjadi setelah memakan makanan berat dengan kadar asam tinggi. Maka dari itu, makanan yang sangat asam perlu dihindari untuk mencegah terjadinya maag. Gorengan dan lemak juga harus dihindari dikarenakan jenis makanan ini dapat menyebabkan gejala yang lebih parah dan memengaruhi sistem pernapasan.

Meski terkesan penyakit yang tidak terlalu berat namun bukan berarti maag menjadi diremehkan. Penyakit maag yang dipicu oleh sakit pada lambung bisa mengakibatkan gangguan pada pencernaan sehingga bila tidak ditangani dengan tepat maka bisa saja akhirnya mengganggu tubuh secara keseluruhan terutama bila jika sakit pada lambung sudah tergolong kronis.

Maka dari itu, belajarlah untuk mendiagnosa masalah yang disebabkan oleh naiknya asam lambung dan mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan ini dengan menghindari makanan yang mungkin yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Selain itu, manajemen stres juga diperlukan untuk mencegah timbulnya penyakit ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY