Macam-macam Gangguan Menstruasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap wanita pasti mengalami siklus bulanan, yakni menstruasi. Siklus ini akan rutin terjadi setiap bulannya. Namun, setiap wanita memiliki siklus yang berbeda beda. Perbedaan siklus ini ditentukan oleh kesehatan dan hormon. Dalam kondisi normal, seorang wanita akan mengalami menstruasi setiap 28 hari. Ada pula yang tengalami siklus menstruasi setiap 20 atau 30 hari, tergantung hormon yang ada dalam tubuh.

Masa periode menstruasi biasanya akan terjadi selama lima sampai tujuh hari. Namun, ada beberapa wanita yang mengalami menstruasi hanya selama dua hari. Periode mestruasi terlama adalah 15 hari. Jika terjadi lebih dari 15 hari, maka hal ini patut diwaspadai. Bisa saja ini merupakan tanda dari suatu penyakit.

Ada empat fase yang terjadi saat menstruasi terjadi. Empat fase tersebut, yakni sebagai berikut:

  • Fase peluruhan dinding rahim yang akhirnya di keluarkan dari tubuh dalam bentuk gumpalan darah. Fase ini terjadi selama periode menstruasi terjadi. Fase ini berjalan secara bertahap selama fase tersebut.
  • Fase pra ovulasi adalah fase pembentukan sel telur dalam ovarium yang biasanya berlangsung dari hari ke 7 sampai hari ke 13.
  • Fase ovulasi merupakan fase matangnya sel telur. Matangnya sel telur ini menandakan bahwa sel telur siap untuk dibuahi.
  • Fasepasca ovulasi pada fase ini, endometrium berubah menjadi lebih tebal dan siap menerima embrio. Namun, jika tidak terjadi pembuahan yang menyebabkan kehamilan, maka fase akan kembali ke fase menstruasi.

Sayangnya, tidak setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang normal, ada beberapa wanita yang mengalami gangguan pada siklus menstruasi mereka. Nah, pada artikel kali ini, penulis akan membahas beberapa macam gangguan menstruasi yaitu:

  • Menorrhagia. Gangguan ini ditandai dengan munculnya darah yang keluar dalan volume yang sangat banyak. Jika seorang wanita mengalami menstruasi lebih dari tujuh hari dengan volume darah yang banyak, diduga ia menderita gangguan jenis ini. Gangguan menstruasi Menorrhagia merupakan salah satu penyebab seorang wanita mengalami anemia. Gangguan ini terjadi akibat ketidakstabilan hormon atau adanya kelainan pada rahim.
  • Oligomenorrhea. Gangguan menstruasi Oligomenorrhea adalah jenis gangguan yang ditandai dengan periode menstruasi yang tidak tetap atau berubah-ubah. Gangguan ini terjadi akibat beberapa faktor, yakni berat badan yang menurun drastis, stress, obesitas, kelainan pada rahim, ketidkseimbangan hormon, dan kista.
  • Amenorrhea. Amenorrhea adalah gangguan yang mengakibatkan seorang wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu beberapa bulan, namun tidak terjadi kehamilan. Gangguan jenis dapat terjadi akibat tingkat stress terlalu tinggi, aktifitas terlalu berat, dan penurunan berat badan secara ekstrim. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY