Macam-macam Gejala Gangguan Ginjal Pada Manusia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu organ tubuh manusia adalah ginjal. Ginjal adalah organ bagian dalam saluran kemih dimana terdapat pada retriperitoneal bagian atas. Masalah ukuran ginjal terdiri dari macam-macam variasi. Bagian yang dapat mempengaruhi ukuran ginjal diantaranya jenis kelamin, umur serta ada tidaknya ginjal pada sisi yang lain.

Pada umumnya, laki-laki ukuran ginjalnya lebih besar dari pada perempuan. Gangguan ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan. Hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, kalium didalam darah atau produksi urin dan menjaga keseimbangan cairan.

Jika penyakit ginjal  berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana fungsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 macam jenis gagal ginjal yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Gejala gangguan ginjal sebenarnya tidak terlihat secara bersamaan. Dengan pemeriksaan Page 1 Gagal Ginjal laboratorium, dapat diketahui dengan lebih cermat dan akurat apakah gejala-gejala itu mengarah pada kemungkinan gagal ginjal. Beberapa tanda atau gejala gangguan ginjal pada umumnya adalah:

  1. Sering bengkak di kaki, pergelangan, tangan dan muka.
  2. Kelelahan timbul secara cepat, lemah, akibat kotoran tidak bisa dibuang oleh ginjal.
  3. Sesak napas, akibat air mengumpul di paru-paru. Keadaan ini sering disalahartikan sebagai asma atau kegagalan jantung.
  4. Napas bau karena adanya kotoran yang mengumpul di rongga mulut. Rasa pegal di punggung.
  5. Kencing berubah warna, berbusa atau sering bangun malam untuk kencing. gatal, utamanya di kaki.
  6. Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah.

Selanjutnya adalah kemampuan untuk mempertahankan metabolisme tubuh, keseimbangan cairan dan elektrolit akan menyebabkan uremia. Dapat dibagi tiga penyebab gangguan ginjal yaitu penyakit diabetik, penyakit ginjal non diabetik dan penyakit ginjal transplan.

Pada ginjal diabetik dapat disebabkan oleh diabetes pertama dan kedua. Kemudian, penyakit ginjal non diabetik adalah penyakit glomerulus, penyakit vaskuler, penyakit tubulointerstisial dan penyakit kistik. Pada penyakit ginjal transplan dapat disebabkan oleh glomerulopati transplan, rejeksi kronik, toksisitas obat dan penyakit rekuren.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here