Macam-macam Jenis Gangguan Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gangguan tidur yaitu suatu kelainan yang dapat menyebabkan gangguan atau menjadi sebuah masalah pada pola tidur, baik karena tidak dapat tidur, atau sering terbangun pada malam hari. Atau bisa juga dampak ketidaknyamanan untuk kembali tidur setelah anda terbangun.

Ada beberapa macam-macam jenis ganguan tidur seperti :

  1. Insomnia

Yaitu gangguan tidur yang menjadi masalah yang sering sebagian orang mengalaminya. Insomnia sendiri adalah sebuah kelainan tidur yang dialami oleh seseorang yang sulit sekali untuk tidur dan ketika terbangun pada malam hari susah untuk kembali tidur meski mempunyai kesempatan untuk tidur kembali.

  1. Parasomnia

Gangguan tidur parasomnia yaitu masalah tidur yang lebih sering dialami oleh sebaigian anak-anak sebanyak 10% di bandingkan dengan orang dewasa 1%. Parasomnia adalah gangguan tidur yang menyerang seseorang dengan cara melibatkan kegiatan fisik seseorang tersebut contohnya seperti berjalan saat tidur. Parasomnia umumnya terjadi karena trauma ingatan yang dirasakan oleh masa yang lalu yang pernah dialami seseorang tersebut.

  1. Narkolepsi

Gangguan tidur adalah gangguan tidur yang sangat aneh atau mustahil yang dirasakan seseorang yang berupa serangan tidur mendadak dan orang yang mengalami nerkolepsi ini akan sulit sekali mempertahankan kesadaran sulit terjaga. Masalah tidur ini terjadi karena REM (rapid eye mevement) yang biasanya menjadikan seseorang tertidur dan bermimpi justru menyerang pada seseorang tersebut dalam keadaan sadar.

  1. Teror malam

Teror malam ini adalah sebiah gangguan tidur yang sangat menakutkan diantara yang lainnya sebab seorang yang menderita ini pada sepertiga malam akan mendadak terbangun disertakan dengan sebuah tangisan, teriakan dan merasa ketakutan yang berlebihan.

  1. Mendengkur

Gangguan tidur ini adalah mendengkur yang sangat keras dan mengganggu. Mendengkur adalah sebuah gangguan tidur yang terjadi karena getaran jaringan pada saluran udara atas. Masalah ini muncul karena sebuah gejala syndrom obstruletif apnea.

  1. Apnea tidur

Gangguan tidur apnea adalah sebuah masalah tidur yang menyebabkan seseorang yang mengalaminya sulit untuk bernafas ketika tidur. Apnea di Indonesia sendiri sudah sering terjadi hanya saja penderita tidak menyadari dan tidak mengerti bahwa itu adalah apnea. Cara untuk para medis mendiagnosa gangguan apnea ini menggunkan cara polysomnography. Yang berbahaya dan perlu diwaspadai jika apnea dan dyspnea terjadi bersamaan dapat menyebabkan kematian.

  1. Hipersomnia

Gangguan tidur ini dapat terjadi karena suatu infeksi atau virus terutama virus menonukleosis, ensafalitis, hidrosefalus. Hipersomnia gangguan tidur yang berupa rasa ngantuk yang menyerang penderitanya secara berlebihan dan akan menuyebabkan penderita langsung tertidur. Masalah ini akan hilang jika seorang penderita tidur selama 10 menit.

Bagi siapa saja yang mengalami masalah gangguan tidur dan berapapun usia anda yang mengalami gangguan harus segera konsultasikan sedini mungkin kepada para medis untuk dilakukan suatu penanganan awal pada gangguan tersebut.(NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here