Macam-Macam Jenis Jerawat dan Cara Pengobatannya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kesehatan kulit merupakan hal yang penting untuk dijaga, khususnya bagi para remaja. Namun kenyataannya sebagian remaja disibukan dengan jerawat yang tumbuh di bagian wajah, sehingga tak jarang mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Lantas apa saja jenis jerawat yang umumnya muncul dan bagaimana cara pengobatannya?

Bagaimana jerawat bisa muncul?

Jerawat (acne vulgaris) adalah penyakit yang diakibatkan terganggunya aliran sebum dikarenakan benda asing (komedo). Kondisi tersebut akhirnya membentuk pimple yang diiringi infeksi ringan. Jerawat umumnya terjadi pada wajah di bagian pipi, dahi, atau hidung.

Selain di wajah, jerawat juga bisa saja tumbuh di punggung atau dada. Jerawat umumnya tumbuh pada masa dewasa muda (pubertas), ketika kelenjar mulai aktif (Wibowo, 2008). Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya jerawat pada wajah.

Faktor-faktor itu seperti keturunan, penumpukan lemak, makanan berlemak, hingga infeksi kuman. Satu hal yang tak bisa dihindari yakni aktifitas hormon, sehingga memicu produksi minyak yang berlebih dari biasanya dan menyebabkan jerawat (Aziz, 2008).

Macam-macam jerawat

Jerawat timbul akibat perubahan hormon yang dialami seseorang.
Masyarakat awam menyangka jika jerawat hanya terdiri dari satu jenis. Padahal menurut catatan medis yang dirangkum dari berbagai sumber, jerawat memiliki beberapa macam jenis, antara lain:

  • Jerawat komedo

Jerawat komedo diakibatkan karena sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang terlampau besar. Komedo dibagi menjadi dua macam, yakni terbuka dan tertutup. Komedo tertutup muncul layaknya tonjolan kecil berwarna putih, sementara komedo terbuka muncul seperti pori-pori yang menghitam dan membesar.

Komedo bisa dihilangkan dengan memanfaatkan putih telur. Celupkan kapas pada putih telur, kemudian tempelkan pada wajah yang terdapat komedo. Biarkan dalam beberapa saat hingga putih telur mengering, lantas angkat kapas tersebut.

  • Jerawat biasa

Jerawat jenis ini gampang dikenali karena warnanya yang putih kemerahan dan bentuknya yang kecil. Jerawat ini muncul karena infeksi bakteri propionibacterium acne dan tersumbatnya pori-pori. Bakteri ini berkembang di daerah tempat produksinya asam lemak pada kantung kelenjar.

Untuk mengatasi jerawat ini bisa dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian yang berjerawat menjelang tidur. Seperti yang diketahui jika pasta gigi mengandung fluroide, senyawa yang bermanfaat mengurangi kemerahan dan bengkak akibat jerawat. Alternatif lainnya bisa juga menggunakan lemon atau tomat sebagai masker guna menghilangkan noda hitam akibat jerawat.

  • Jerawat Batu

Jerawat batu berukuran lebih besar dari jerawat biasa, dengan warna lebih merah serta meradang. Jerawat batu diakibatkan kelenjar minyak yang terlampau banyak serta pertumbuhan sel yang tak normal. Jerawat batu apabila dibiarkan dapat menyisakan bekas yang susah hilang. Seseorang yang menderita jerawat batu dianjurkan berkonsultasi kepada dokter kulit, guna menentukan langkah yang tepat dalam pengobatan.

Selain jenis jerawat di atas, masih ada beberapa macam jerawat lagi yang terkadang muncul pada kalangan terbatas. Diantaranya jerawat juvenil, jerawat vulgaris, jerawat rosacea, dan jerawat nitrosica. Setiap orang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, kulit, dan wajah agar terhindar dari jerawat. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here