Macam-macam Jenis Olahraga Otak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dalam tubuh kita ada bagiannya sendiri termasuk dibagian otak. Otak merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai pusat pengendalian organ-organ pada tubuh kita dan otak selalu berhubungan dengan intelegensia atau kecerdasan pada seseorang. Ada beberapa cara agar kita dapat melakukan senam otak untuk kecerdasan otak kita dengan melakukan senam tersebut. Senam otak dapat mempercerdas otak kita dengan melakukan (brain gym).

Senam otak sama halnya dengan senam tubuh yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita, dengan senam otak akan terbentuk saraf baru yang akan melindungi anda terjena dimensia atau biasa disebut dengan kepikunan. senam otak juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak-anak sekolah melalui  stimulasi gerakan kaki dan tangan. Selain itu senam otak ini juga sering digunakan untuk berbagai terapi gangguan pada anak-anak seperti hiperaktif dangangguan perhatian, emosional dan syndrom lainnya .

Ada beberapa cara untuk melatih senam otak seperti :

  1. Membiasakan menjadi kidal

Melakukan tugas dengan tangan yang tidak dominan dan jika anda dominana tangan kanan anda dapat melakukan tugas dengan tangan kiri anda dan sebaliknya. Contoh yang dapat gunakan ketika anda sedang memainkan komputer, menyikat gigi dll.

  1. Membaca

Ada dapat membaca karena membaca dapat melunturkan otak-ota. Baca-bacaan ringan sampai membaca sebuah informasi. Karena dapat membantu membangun cadangan kognitif untuk menunda timbulnya dimensi.

  1. Main puzzle atau teka teki silang

Teka teki silang atau sidoku permainan ini dapat melatih otak khususnya otak kiri anda agar menambahkan stategi untuk mengefektifkan latihan pada otak anda.

  1. Mainan dengan strategi

Mainan ini contohnya catur, monopoli atau game karena anda akan menggunakan otak kanan untuk membantu organ lebih berfikir kreatif.

  1. Ubah rutinitas

Menurut Lawrence Katz, profesor university medical center . anda perlu mengubah rutinitas dengan cara cara hidup baru dan mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif.

  1. Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing dapat mengaktifkan bagian otal yang belum digunakan sejak anda mulai berbicara. Seperti penelitian tahun 2007 di York University di Toronto, bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplay darah ke otak untuk menjaga koneksi saraf.

  1. Menikmati musik

Selain anda mendengarkan musik anda perlu untuk memainkan instrumen musik tersebut berdasarkan para ahli sangat merekomendasikan untuk mengaktifkan kedua indra tersebut seperi mendengarkanmusik dan mencium bunga atau bernyanyi.

  1. Latihan Fisik

latihan ini dapat meningkatkan otak karena dapat meningkatkan oliran darah ke otak.

  1. Hidup sosial

Otak dapat dilatih dengan anda melakukan intraksi  sosial dengan banyak orang seperti anda berkunjung untuk bertemu teman anda dan berkumpul. Seperi dibuah studi 2006 Dr. David Bennett Rush University Medical Center dengan anda memiliki jaringan sosial hal tersebut dapat memberian perlindungan terhadap gejala penyakit Alzheimer.

  1. Mencari Hobi Baru

Anda dapat mencari hobi yang baru yang bermanfat karena untuk keteramplan baru dan hal baru yang belum anda coba untuk menjaga otak anda agar selalu aktif dan mulai berfikir kembali. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here