Macam-Macam Makanan Pereda Stress dan Galau

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah ada di antara pembaca yang sedang mengalami stress karena padatnya rutinitas pekerjaan? Atau mungkin sedang galau karena ditinggal sang kekasih? Jangan kuatir, berikut ini akan dipaparkan beberapa macam makanan yang dipercaya bisa meredakan stress dan galau.

Stress merupakan kondisi yang wajar dialami setiap orang, hanya saja jika berlarut-larut bisa membahayakan kesehatan psikologis. Berbagai cara bisa dilakukan guna mengatasi stres. Selain menceritakan masalah yang dialami kepada orang lain, mengkonsumsi makanan tertentu juga bisa untuk mengurangi stress. Lantas makanan dan minuman apa saja yang bisa dicoba untuk meredakan stress?

  1. Konsumsi buah kenari. Buah kenari rupanya bisa menurunkan tingkat stress karena manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah.
  2. Konsumsi madu. Madu merupakan makanan yang kaya antioksidan serta vitamin. Madu dapat membantu melawan depresi, regenerasi sel, meningkatkan kekebalan tubuh, serta anti peradangan dan antibiotik.
  3. Konsumsi kismis. Kismis salah satu makanan yang kaya magnesium, selenium, serta vitamin B. Selain memiliki manfaat meredakan stress, kismis juga bisa sebagai relaksasi otot.
  4. Konsumsi ubi. Karbohidrat, gula, betakaroten, vitamin serta serat yang terdapat pada ubi bisa memberikan energi pada tubuh untuk melawan stress.
  5. Konsumsi salmon. Salmon yang mengandung omega-3 mampu menjaga tubuh dari penyakit jantung. Omega-3 juga membuat kestabilan hormon kortisol dan adrenalin.
  6. Konsumsi jeruk. Vitamin C di jeruk cukup baik untuk melawan stres. Vitamin C juga bisa membantu mengembalikan kortisol serta tekanan darah agar normal.
  7. Konsumsi pisang. Mengkonsumsi pisang bisa membuat tubuh menjadi relaks. Hal Ini karena pisang mengandung vitamin A, B, serta C. Mineral yang terkandung pda pisang juga bermanfaat bagi tubuh untuk melawan stress.
  8. Konsumsi alpukat. Salah satu cara untuk mengurangi stress adalah dengan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah akan turun dengan asupan kalium yang cukup. Kalium inilah yang bisa dtemukan pada buah alpukat.
  9. Minum susu. Susu yang kaya vitamin dan mineral memberikan energi baru bagi tubuh untuk melawan stress.
  10. Minum teh hitam dan hijau. Penelitian di Inggris menyebutkan jika minum teh hitam 4 kali sehari dalam 6 minggu, bisa menurunkan hormon akibat stres. Di sisi lain kandungan theanine yang terdapat pada teh hijau dapat membantu otak agar memerintahkan tubuh menjadi rileks.
  11. Minum cokelat panas. Suhu tubuh yang hangat adalah satu tanda seseorang merasa nyaman. Meminum cokelat panas bisa meningkatkan suhu tubuh, sehingga otak akan merespon rasa nyaman.
  12. Konsumsi bayam. Tubuh yang kekurangan magnesium bisa menyebabkan kelelahan serta migrain. Secangkir jus bayam dipercaya bisa memenuhi kebutuhan magnesium sebanyak 40%.
  13. Konsumsi sayuran berwarna hijau. Seseorang yang mengalami stress perlu mengkonsumsi banyak sayuran hijau. Hal ini berfungsi sebagai vitamin pembangkit serta sumber energi baru. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here