Macam-Macam Penyakit yang Menyebabkan Sulit Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika sering dijumpai pasangan yang sudah lama menikah, namun mengalami kesulitan untuk hamil. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya karena  disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu.

Seperti yang diketahui jika kehamilan pada wanita dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya saja kondisi psikologis, kesuburan suami istri, kesehatan suami istri, hingga aktivitas seksual yang dilakukan. Terkait kesehatan, secara lebih khusus ada pula penyakit yang bisa menyebabkan wanita menjadi sulit hamil. Penasaran? berikut uraiannya!

Mengalami penyakit sindrom ovarium polikistik

Penyakit indrom ovarium polikistik adalah salah satu faktor penyebab yang paling umum dialami wanita, terkait ketidaksuburan. Penyakit tersebut dapat menyebabkan keadaan kelenjar adrenal memproduksi lebih banyak androgen.

Kemudian tingginya kadar hormon androgen dalam tubuh wanita dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan folikel ovarium, sekaligus mempengaruhi pelepasan sel telur ketika ovulasi. Hal inilah yang menyebabkan wanita jadi sulit hamil.

Mengalami penyakit radang panggul

Radang panggul rupanya menjadi salah satu jenis penyakit yang bisa memunculkan infeksi pada wanita, khususnya di area organ reproduksi. Penyakit tersebut merupakan kompilasi yang paling serius, termasuk dapat menular melalui hubungan seksual.

Penyakit ini juga dapat mengakibatkan kerusakan permanen terhadap ovarium, uterus, saluran tuba atau bagian lain yang masih memiliki hubungan dengan sistem reproduksi yang dimiliki wanita.

Mengalami penyakit endometriosis

Endometriosis adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi saat endometrium berkembang di luar rahim. Jaringan endometrium tersebut rupanya dapat dengan cepat berkembang ke bagian luar area pinggul. Namun jaringan endometrium tak bisa keluar dari dalam tubuh, sehingga terperangkap selamanya jika tidak segera di atasi.

Mengalami penyakit kegagalan ovarium prematur

Istilah kegagalan ovarium prematur sering digunakan untuk mendeskripsikan kondisi saat ovarium wanita tiba-tiba berhenti bekerja sebelum mencapai umur 40 tahun. Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa situasi ini tidaklah sama dengan menopause dini.

Mengalami penyakit fibroid rahim

Istilah fibroid rahim terkadang juga disebut mioma atau leiomioma. Kondisi fibroid rahim ini tak ada kaitannya dengan peningkatan sel kanker rahim, selain itu juga tak akan berkembang seperti kanker. Namun satu yang pasti bahwa fibroid rahim dapat mengakibatkan wanita sulit dalam mendapatkan keturunan.

Mengalami penyakit infeksi pada reproduksi

Infeksi tertentu yang muncul pada wanita khususnya di sistem reproduksi, dapat menjadi salah satu faktor penyebab sulitnya mendapatkan kehamilan. Salah satu jenis infeksi yang dapat menular melalui aktivitas seksual dan mempengaruhi kesuburan wanita adalah Klamidia.

Infeksi jenis itu biasanya mudah sekali untuk menyebar. Hal itu diakibatkan infeksi tersebut tidak menimbulkan gejala khusus serta dapat dengan mudah ditularkan kepada pasangan dengan melakukan aktivitas seksual. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY