Macam-macam Suplemen untuk Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat hamil, mengonsumsi suplemen memang sangat penting. Namun, tidak dapat dipungkiri jika jumlah suplemen tetap harus dibatasi, karena apabila dikonsumsi dalam dosis berlebih justru akan menimbulkan dampak yang tidak baik pada kehamilan. Oleh sebab itu sebelum memutuskan membeli dan mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil, alangkah baiknya bila Anda terlebih dahulu Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan kepercayaan anda.

Berbicara mengenai suplemen untuk ibu hamil, saat ini memang ada banyak sekali jenis dan macamnya yang masing-masing memiliki khasiatdan manfaat yang berbeda. Diantaranya adalah suplemen minyak ikan yang mengandung EPA, DHA,dan Vitamin E.  Suplemen ini digunakan untuk menunjang perkembangan otak janin serta memenuhi dan meningkatkan kebutuhan gizi ibu hamil atau menyusui.

Perlu diketahui, EPA dan DHA adalah dua jenis asam lemak rantai panjang, yaitu asam lemak omega 3 dan 6. Kedua jenis asam lemak disebut sebagai asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan serta perkembangan  janin dalam kandungan. Selain suplemen minyak ikan untuk ibu hamil, ada juga suplemen yang mengandung berbagai vitamin yang dapat larut dalam air maupun minyak atau mineral. Suplemen ini diformulasikan secara khusus untuk wanita hamil dan takarannya mendekati angka kecukupan gizi ibu hamil. Nah, berikut ini ada beberapa macam suplemen untuk ibu hamil, di antaranya sebagai berikut.

Suplemen Kalsium

Mineral ini biasanya diformulasikan untuk ibu hamil dengan usia kandunganmemasuki 7 Bulan keatas atau trisemester ke 3sampai  menyusui. Kalsium ini juga penting bagi janin karena dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi. Selain itu suplemen inimampu menjegah pengeroposan tulang ibu hamil, mengurangi resikohipertensi pada masa kehamilan.

  1. Suplemen Zat Besi

Suplemen zat besi biasanya disebut sebagai obat penambah darah bagi orang atau ibu hamil dengan tensi darah rendah. Suplemen ini dapat berfungsi untuk mencegah masalah anemia ibu hamil.Namun,suplemen ini juga tak jarang membuat ibu hamil bertambahmual dan pusing saat mengkonsumsi suplemen ini. Oleh karena itu,banyak ibu hamil yang ragu untuk minum suplemen ini, padahal suplemen ini sangat penting untuk ibu hamil dan perkembanganjanin. Beberapa Merk suplemen zat besi yang bisa anda beli di apotik adalah: Sangobion, Obat Ferrofort, suplemen Maltofer dan  Hemobion

  1. Suplemen Gabungan

Suplemen gabungan adalah sebuah suplemen makanan yang dibuat sedemikian rupa untuk memebuhi semua kebutuhan ibu hamil. Untuk mendapatkan suplemen gabungan ini, Anda bisa membelinya di apotik, dengan beberapa merk ini: Folamil, Obical, dan Calmin AF serta beberapa jenis lainnya.

  1. Suplemen Asam Folat

Nutrisi tambahan bagi ibu hamilmerupakan suplemen yang paling banyak direkomendasikan oleh dokter kandungan atau bidan. Umumnya Asam Folat dianjurkan untuk dikonsumsi sejak awal kehamilan atau usia kehamilan memasuki minggu pertama sampai dengan menyusui. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here