Makan Malam yang Sehat selama Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berpuasa selama satu bulan, bukan berarti tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Justru sebaliknya tubuh harus mendapatkan asupan nutrisi yang baik, sehingga bisa mendukung stamina tubuh agar tetap segar selama menjalani puasa. Lantas bagaimana dengan aktivitas makan malam yang sehat selama berpuasa?

Menu makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi saat berpuasa?

Tidak dipungkiri jika banyak orang yang salah memilih menu makan selama berpuasa. Misalnya saja seseorang saat memilih menu makanan yang kenyangnya tidak bertahan lama, alhasil justru membuatnya menjadi lebih cepat lapar.

Selain makanan yang kenyangnya tidak bertahan lama, minuman juga dapat membuat seseorang cepat mengalami dehidrasi sebelum datang waktu berbuka. Oleh karena itu memilih menu makanan yang tepat harus diperhatikan bagi seseorang yang ingin menjalani ibadah puasa.

Nutrisi yang terdapat pada makanan sangat beragam. Tidak ada satu jenis makanan tertentu yang sudah bisa memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi. Perlu lebih cermat bagi setiap orang untuk memilih jenis makanan, khususnya dalam menu sahur di pagi hari.

Selama menjalani ibadah puasa, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dikategorikan karbohidrat kompleks. Misalnya saja seperti kacang-kacangan, oatmeal, atau biji-bijian. Hal tersebut bermanfaat dalam menjaga lambung agar tetap kenyang, karena makanan lambat dicerna.

Selain makanan yang dikategorikan karbohidrat kompleks, makanan-makanan dengan serat tinggi juga cukup baik dikonsumsi selama menjalani ibadah puasa. Tujuannya agar seseorang dapat terhindar dari sembelit atau konstipasi selama menjalani puasa.

Buah-buahan, lauk-pauk dan sayuran hijau menjadi pilihan yang paling tepat untuk mendukung asupan vitamin, protein, mineral serta kalium dalam tubuh. Pasalnya tidak hanya karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh, namun nutrisi lainnya juga perlu untuk menjadi penyemangat tubuh agar tetap fit dalam menjalani ibadah puasa.

Bagaimana dengan makan malam ketika berpuasa?

Tidak dipungkiri jika banyak orang yang justru mendapatkan kenaikan berat badan ketika menjalani ibadah puasa. Hal tersebut terjadi akibat pola makan yang salah karena cenderung berlebihan, khususnya ketika berbuka puasa.

Seperti yang diketahui jika waktu yang tersedia untuk mengonsumsi makan malam bisa pada dua pilihan. Setelah shalat Magrib hingga menjelang shalat Isya, seseorang memiliki waktu sekitar 30-45 menit untuk makan. Sementara bila makan setelah shalat Tarawih, waktu yang dimiliki bisa lebih panjang.

Dengan pilihan waktu makan tersebut, banyak pihak yang menyarankan agar  makan malam bisa dilakukan setelah menjalani shalat Tarawih. Namun jika seseorang ingin makan malam setelah shalat Magrib hingga menjelang shalat Isya, maka jangan terlalu banyak.

Pasalnya perut yang penuh dapat mengakibatkan seseorang sulit mengerjakan shalat Isya dan Tarawih. Gerakan-gerakan shalat yang melibatkan otot perut, otomatis akan membuat isi ronggga perut bergerak. Oleh karena itu jika seseorang ingin nyaman melakukan shalat Isya dan Tarawih, maka perut jangan terlalu penuh diisi makanan ketika menikmati hidangan setelah sahalat Magrib. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here