Makan Sehat Untuk Pemulihan Depresi

SehatFresh.com – Kebanyakan orang tahu bahwa salah satu kunci untuk tubuh yang sehat adalah membuat pilihan makanan yang tepat. Pola makan yang berfokus pada sayuran dan buah-buahan, biji-bijian, daging tanpa lemak dan ikan, dan makanan susu rendah lemak dapat menjadi dasar pertahanan dalam hal mencegah masalah kesehatan fisik. Selain itu, konsumsi makanan bergizi juga dapat melindungi kesehatan mental. Meskipun tidak ada rencana gizi spesifik yang dapat menyembuhkan depresi, penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara nutrisi yang baik dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Sama halnya dengan organ lain seperti jantung dan hati, otak merespon apa yang Anda makan dan minum. Secara khusus, otak memerlukan asam lemak esensial, asam amino, karbohidrat kompleks, vitamin, mineral serta air agar tetap sehat. Jika kekurangan nutrisi tersebut, maka otak tidak dapat berfungsi dengan baik.

  • Asam lemak

Salah satu komponen makanan yang berperan penting dalam kesehatan otak adalah asam lemak. Dua jenis asam lemak yang dibutuhkan otak adalah omega-3 dan omega-6. Ini dikenal sebagai asam lemak esensial, dan tubuh tidak dapat membuatnya sendiri sehingga asupannya bersumber dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Asam lemak omega-3 bersumber dari salmon, tuna, brokoli, kembang kol, melon, kacang merah, bayam, kenari, dan canola dan minyak biji rami. Sementara asam lemak omega-6 diperoleh dari unggas, telur, sereal dan biji-bijian, dan minyak sayur.

  • Asam amino

Asam amino adalah nutrisi otak yang penting lainnya. Hal ini karena pembawa pesan di dalam otak, yang disebut neurotransmitter, terbuat dari asam amino. Beberapa neurotransmitter yang dibuat asam amino berhubungan dengan kesehatan mental. Serotonin, yang bertanggung jawab untuk perasaan kepuasan, dibuat dari asam amino triptofan. Dopamin, yang membantu Anda untuk merasa termotivasi, berasal dari fenilalanin. Seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, triptofan dan fenilalanin diambil melalui makanan, seperti daging, produk susu, telur dan produk kedelai.

  • Karbohidrat kompleks

Karbohidrat melayani beberapa tujuan di makanan otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karbohidrat benar-benar membantu untuk merangsang produksi serotonin. Karbohidrat juga membantu tubuh menyerap asam amino triptofan lebih efektif. Otak juga dipengaruhi peran glukosa, yang berasal dari karbohidrat. Jenis terbaik dari karbohidrat untuk dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks (ditemukan dalam makanan gandum, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan). Karbohidrat jenis ini melepaskan glukosa lebih lambat dari karbohidrat sederhana (roti putih dan pasta), sehingga memberikan aliran bahan bakar yang stabil dan konsisten untuk otak.

  • Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral juga berperan dalam kesehatan otak. Vitamin yang penting untuk otak termasuk vitamin C (buah jeruk dan sayuran berdaun hijau), vitamin D (salmon, udang, telur dan susu) dan vitamin B (biji-bijian, daging merah, ikan, telur, dan produk susu). Mineral seperti magnesium, selenium, dan zinc juga penting untuk fungsi otak yang baik dan dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau dan ikan.

  • Air

Jika Anda mengalami dehidrasi, meski pun ringan, Anda dapat mengalami gejala kesehatan mental seperti mudah marah dan kehilangan konsentrasi.

Agar hasilnya lebih optimal, penting juga untuk menghindari atau membatasi makanan dan minuman seperti minuman berkafein (teh, kopi, dan minuman ringan), minuman beralkohol, makanan bergula, makanan olahan dan makanan yang digoreng. Ketika Anda mengalami depresi, ada gangguan kehidupan tertentu. Anda melihat berbagai hal dengan menggunakan lensa keputusasaan. Jika Anda tidak makan dengan baik atau minum alkohol berlebih, ini dapat memperburuk depresi.

Sumber gambar : blog.tokopedia.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY