Makanan Berkhasiat untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Beberapa makanan dipercaya mampu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh manusia. Makanan sehat merupakan berbagai jenis asupan yang seimbang, sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh (Prasetyono, 2009).

Banyak penyakit yang bisa dihindari, apabila sistem kekebalan tubuh seseorang sehat. Mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh merupakan cara efektif agar tetap sehat, dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini makanan yang berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Konsumsi bawang putih. Bawang putih memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bawang putih memiliki allcin, yakni senyawa yang mampu menghancurkan bakteri atau mengobati infeksi.
  2. Konsumsi daging. Daging yang mengadung zink mampu memproduksi sekaligus memperbanyak sel darah putih. Sel darah putih dapat membantu manusia guna melawan penyakit di tubuh.
  3. Konsumsi yoghurt. Yoghurt mengandung bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bakteri ini penting guna menjaga pencernaan, terutama usus..
  4. Konsumsi ubi jalar. Ubi jalar mengandung banyak vitamin A. Vitamin A bermanfaat memproduksi jaringan konektif. Jaringan ini yang mendukung, menghubungkan, serta memisahkan antar jaringan termasuk organ di dalam tubuh.
  5. Konsumsi telur. Telur merupakan makanan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Telur mengandung banyak vitamin, terutama vitamin D yang berguna membasmi penyakit.
  6. Konsumsi jamur. Jamur bermanfaat untuk memperbanyak sel darah putih. Jamur juga mengandung zink yang sangat berguna bagi kesehatan lainnya.
  7. Konsumsi alpukat. Dalam alpukat terkandung vitamin A, B1, C, serta mineral. Alpukat bisa membantu dalam membersihkan usus.
  8. Konsumsi kelapa. Minyak kelapa atau kelapa mempunyai asam lauric yang dapat berubah menjadi monolaurin. Monolaurin bermanfaat guna menciptakan kekebalan tubuh.
  9. Konsumsi beri. Beri khususnya raspberry dan blueberry memiliki antioksidan yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh alami. Blueberry mengandung kadar gula rendah, jika dibandingkan buah lainnya.
  10. Konsumsi kubis. Kubis mengandung glutamin, yakni salah satu asam amino esensial yang tak diproduksi tubuh. Kubis bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.
  11. Konsumsi lemon. Lemon merupakan buah yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Daging lemon yang mengandung vitamin C bisa membuat tubuh kuat dalam melawan serangan penyakit.
  12. Konsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau yang mengandung vitamin A, B1, dan C menjadi sumber energi bagi tubuh. Sayuran hijau juga tersebut kaya akan zink, yang mampu membantu tubuh dalam membentuk sistem kekebalan secara alamiah.
  13. Konsumsi jahe. Jahe sudah lama dikenal mengandung bahan antimikroba, yang ampuh melawan bakteri penyakit. Jahe juga mengandung mineral dan antioksidan. Bagi seseorang yang ingin selalu memiliki tubuh sehat, masukanlah jahe dalam salah satu menu konsumsi setiap minggunya. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here